Pemkab Muara Enim Kembali Raih Penghargaan Tertinggi di Bidang Teknologi Digital yang Terbesar di Indonesia

11

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kembali meraih prestasi yang membanggakan, yakni Top Digital Awards (TDA) 2021 kategori Top Digital Implementation 2021 #Level Stars 4 dan Top Leader On Digital Implementation.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi selaku perwakilan Bupati Muara Enim, dari Menkominfo RI Johnny G Plate melalui Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemkominfo RI Bambang Dwi Anggono, Kepala BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) Hinsa Siburian dan Ketua Dewan Juri TDA 2021 Kalamullah Ramli, dalam acara TDA 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah It Works, di Dian Ballroom  The Raffles Hotel, Jakarta, Selasa (22/12) sore.

“TDA adalah kegiatan pembelajaran dan penghargaan tertinggi di bidang teknologi digital (IT & Telco) yang terbesar di Indonesia. Dan Insya Allah paling membanggakan yang diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintahan sejak tahun 2016,” terang Ketua Dewan Juri TDA 2021 Kalamullah Ramli saat menyampaikan laporannya.

Kalamullah melanjutkan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan TDA yang melibatkan lebih dari 800 partisipan, baik itu dari Kementerian, lembaga/badan, pemprov, pemkab/pemkot serta perusahan BUMN/BUMD/BUMS yang disaring menjadi 172 peserta ini dapat terselenggara berkat kerjasama dengan sejumlah asosiasi di bidang TIK dan konsultan TI independent yang merupakan ajang penilaian tahunan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan, organisasi atau institusi pemerintahan yang dinilai berhasil dalam hal inovasi, implementasi IT dan Telco atau teknologi digital, baik di sistem menajemen maupun dalam kaitan layanan pelanggan atau memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Penilaian dan penentuan pemenang dilakukan berdasarkan wawancara penjurian dan pengisian kuesioner yang mana keputusan penentuan pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen dalam sidang pleno dewan juri yang kredibel. Untuk itu, selamat kepada para pemenang semoga kedepan dapat meraih kembali penghargaan TDA ini, yang artinya sistem menajemen maupun dalam kaitan layanan pelanggan atau memberikan pelayanan kepada masyarakat harus dapat lebih baik lagi kedepan,” pungkas Kalamullah.

Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi menerangkan, penghargaan TDA 2021 ini merupakan salah satu bukti komitmen seluruh stakeholder, terutama Bupati Muara Enim selaku kepala daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik, mudah, cepat dan tuntas bagi masyarakat Bumi Serasan Sekundang melaui TIK.

“Yang mana di tahun 2020 yang lalu kita juga meraih penghargaan yang sama tapi beda level. Tahun 2020 bintang 3 dan tahun 2021 bintang 4. Semoga tahun depan kita bisa mendapat 5 bintang,” ungkap Ardian Arifanardi.

“Capaian bergengsi ini, tentunya menjadi sebuah motivasi untuk bagaimana kita mendorong Muara Enim menjadi pemerintahan yang menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yaitu menerapkan pemerintahan yang berbasis digital, dengan harapan apapun yang kita lakukan dalam pengembangan pembangunan SPBE, tentunya semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada publik kepada masyarakat, selain dari mewujudkan Muara Enim Smart Regency dan tentunya #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat,” pungkas Ardian. [Angga]

Bagaimana Menurut Anda