Dukung Kesenian Tradisional, Ketua DKLS Winarni Kunjungi Sanggar Pelangi Nusantara di Palas

26

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Hj. Winarni Nanang Ermanto mengunjungi sanggar Pelangi Nusantara yang berada di Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Selasa (21/12).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Harian DKLS Ponimin, Camat Palas Rikawati, Kepala Desa Bumidaya Dudi Hermana, serta pimpinan sanggar Pelangi Nusantara Purnomo.

Kehadiran Winarni itu merupakan rangkaian kunjungan kerja (kunker) DKLS ke sanggar seni yang ada di Lampung Selatan. Juga sekaligus memberi semangat kepada para pegiat seni tradisional di tengah pandemi Covid-19, salah satunya sanggar Pelangi Nusantara.

Dalam kunjungannya, Winarni juga menyemangati anak-anak yang sedang menari. Bahkan, Ketua Tim Pengegrak PKK Kabupaten Lampung Selatan ini tanpa canggung ikut menari dengan anak-anak didik Sanggar Pelangi Nusantara sambil mengikuti gerakan mereka.

Pada kesempatan itu Hj. Winarni mengapresiasi sanggar Pelangi Nusantara yang merupakan salah satu sanggar seni yang memiliki berbagai macam kesenian nusantara.

“Sanggar kesenian itu salah satu cara untuk melestarikan kesenian di Lampung Selatan ini agar tidak punah. Dimana kesenian tradisional ini harus diteruskan dan dikenalkan kepada generasi muda, agar bisa terus lestari,” ujar Winarni saat memberikan arahannya.

Selaku Ketua DKLS Winarni juga mengucapkan terima kasih atas peran dari sanggar Pelangi Nusantara dalam berkesenian, yang telah ikut menjaga dan ikut melestarikan kesenian nusantara di Kabupaten Lampung Selatan.

“Harapan kami selaku Dewan Kesenian Lampung Selatan akan terus memberikan pembinaan untuk sanggar dan para pelaku kesenian agar menghasilkan karya-karya terbaiknya. Kepada generasi muda agar bisa mengenal dan bisa lebih menghargai budaya dan kesenian yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Lampung Selatan,” kata Winarni.

Sementara, Kepala Desa Bumidaya Dudi Hermana berharap dukungan dari DKLS agar kedepan sanggar Pelangi Nusantara bisa berkembang lebih baik untuk dikenal lebih luas.

“Melihat potensi dari para pelatih dan anak anak di sanggar Pelangi Nusantara ini, agar bisa lebih dikembangankan dan diperhatikan oleh pemerintah,” ujar Dudi Hermana.

Dari pantauan, dalam kesempatan itu, Ketua Umum DKLS Hj. Winarni juga menyerahkan cinderamata kepada pimpinan sanggar Pelangi Nusantara diakhir kunker itu. (Katharina Yanuarti)

Bagaimana Menurut Anda