Waspada, Perusakan Gardu PLN Kian Marak

7

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Sejak awal Maret 2021 telah terjadi pencurian kabel NYY pada gardu distribusi dan perusakan aset di wilayah kerja PLN UP3 Tanjung Karang, khususnya di wilayah kerja PLN ULP Way Halim, PLN ULP Karang dan PLN ULP Teluk Betung.

“Pasca lebaran ini saja sudah tercatat ada 3 titik gardu distribusi PLN yang dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, antara lain di Jalan Komarudin, Jalan Nunyai Rajabasa, dan Jalan Tirtaria Way Kandis,” ujar Zamzami selaku Manager PLN UP3 Tanjung Karang.

Kejadian perusakan tersebut selain mengakibatkan kerugian materi, juga dapat mengganggu pasokan listrik kepada pelanggan PLN, dan bahkan dapat menyebabkan bahaya tegangan lebih (overvoltage) yang dapat merusak peralatan-peralatan elektronik warga.

Dia pun menambahkan bahwa sejak Maret 2021 sampai dengan tanggal 17 Mei sudah ada 29 gardu yang mengalami kejadian yang sama. Pihaknya sudah melaporkan insiden perusakan Gardu Distribusi itu ke pihak kepolisian pada 18 Maret yang lalu dan saat ini masih dalam proses investigasi.

Sementara, Junarwin selaku Manager Komunikasi PLN UID Lampung mengimbau dan mengajak partisipasi seluruh lapisan masyarakat dan pelanggan PLN untuk turut membantu memberikan informasi jika ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar gardu distribusi PLN.

“Segera informasikan kepada kami jika masyarakat mengetahui atau melihat aktivitas yang mencurigakan di gardu distribusi melalui call center 123 atau melalui aplikasi PLN mobile,” tegas Junarwin, Manager Komunikasi PLN UID Lampung. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda