Solahuddin Djakfar Pimpin GANN Kabupaten OKI

252

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Melalui musyawarah yang penuh dengan semangat kebersamaan dan kekompakan dalam melakukan pemberantasan narkoba di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) resmi terbentuk, Kamis (5/9/2019).

Dasar pembentukan GANN Kabupaten OKI berdasarkan surat mandat yang diberikan kepada pemegang mandat H. Solahuddin Jakfar SH.

Dalam musyawarah yang dihadiri oleh 20 orang calon pengurus GANN OKI tersebut, mengambil keputusan dan bermufakat untuk memilih H. Solahuddin Djakfar SH sebagai Ketua GANN OKI.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Ende ini menerangkan, bahwa GANN adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbasis massa. GANN lahir dan berangkat dari keprihatinan dan rasa sayang orang tua terhadap anak, dimana setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses di kemudian hari.

“Namun dengan fenomena ada sekarang ini di Indonesia, dimana telah dinyatakan darurat narkoba, sudah barang tentu akan mengancam terwujudnya semua cita-cita tersebut,” ujarnya.

Dirinya juga menerangkan, bahwa GANN ini adalah swadaya masyarakat berbasis massa. Dimana kita mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menumpas peredaran narkoba.

“Tujuan GANN adalah berusaha membantu program pemerintah dalam pencegahan pemberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Minimal di lingkungan terdekat kita, agar generasi penerus yang merupakan anak cucu kita, bisa menjadi generasi emas generasi yang bebas dari narkoba,” katanya.

Fungsi GANN sendiri, sambungannya, adalah membantu pemerintah dalam hal penanganan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika yang sudah menjadi fenomena di Indonesia.

“Tugas pokok GANN adalah memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat, terutama kepada siswa-siswi SMP, SMA, dan lain-lain agar mengetahui bahaya dari penggunaan narkoba sejak dini,” ujarnya.

“Wewenang GANN adalah membantu meringankan tugas aparat terkait dalam penanganan dan penanggulangan permasalahan narkotika, serta membangun sinergitas baik dengan instansi-instansi pemerintahan, termasuk dengan Polri ataupun BNN,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda