Dinas PMD Sergai Gelar Ujian Tertulis Metode CAT Para Balon Kades

295

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar seleksi ujian tertulis dengan menggunakan metode computer assisted test (CAT), bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Perbaungan, Kamis (5/9/2019).

Seleksi yang digelar tersebut diselenggarakan bagi bakal calon kepala desa (balon kades) lebih dari 5 orang calon dari pada satu desa. Dan diikuti 98 orang, 87 laki-laki dan 11 perempuan, dibagi menjadi 3 lokal. Dari 13 desa, 8 diantaranya Kecamatan Tanjung Beringin, Tebing Tinggi, Sipispis, Tebing Syahbandar, Sei Bamban, Kotarih, Bintang Bayu, dan Sei Rampah.

Bupati Sergai Ir H Soekirman melalui Sekda Drs Hadi Winarno, MM menyampaikan bahwa kepala desa merupakan ujung tombak dalam proses pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah desa.

“Sebagai seorang pemimpin tentunya harus dibekali dengan ilmu yang bermanfaat, dimana setiap calon kepala desa harus memiliki kemampuan dan pengatuan tentang pemerintah desa,” tegas dia.

Oleh karenanya, lanjut sekda, dalam proses penentuan calon kepala desa ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama, seleksi ujian tertulis dengan metode CAT dan psikometri bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang. Kedua, tes wawancara kesetiaan terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Pemerintah Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Serta tes kemampuan baca tulis bagi istri/suami bakal calon kepala desa.

“Dengan adanya tahapan ini kita berharap, kepala desa yang terpilih nantinya merupakan pemimpin yang memang memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang pemerintah desa, sehingga dalam proses pelaksanaan pemerintah desa dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena tujuan dari seleksi ujian tertulis ini untuk mengukur kemampuan pemahaman bakal calon kepala desa dan menetapkan bakal calon kepala desa yang layak serta benar-benar siap untuk menjadi pemimpin di desa,” papar dia.

Sementar itu, Kepala Dinas PMD Sergai H Ikhsan, AP, M.Si menyampaikan maksud pelaksanaan seleksi ujian tertulis bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang dilaksanakan dengan maksud, agar para bakal calon kepala desa dapat lebih memahami tentang pemerintahan desa.

“Seleksi ujian ini dilaksanakan dengan tujuan diantaranya untuk mengukur pemahaman para bakal calon kepala desa, dan untuk mengukur tingkat pengetahuan para bakal calon kepala desa tentang pemerintahan desa dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar dalam menjalankan pemerintahan desa berjalan sesuai koridor,” ujarnya. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda