Sempat Menjadi Berita Panas, Kisruh Soal LHP DPRD OI Dianggap Selesai

521
Kepala BPKAD OI Sofiah Yuhanis dan anggota dewan bertemu usai mengikuti rapat anggaran DPRD OI.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Beberapa pekan lalu dalam rapat paripurna DPRD Ogan Ilir (OI) muncul interupsi salah satu anggota dewan dari Fraksi Partai Nasdem, Suharmawinata, yang mempersoalkan ditariknya kembali buku laporan hasil pemeriksaan (LHP) audit BPK oleh pihak BPKAD OI.

Menurut dia, kejadian itu memunculkan dugaan kalau isi buku tersebut bisa saja diubah. Sebagai anggota DPRD, dirinya merasa berhak mengetahui apa alasan dari kejadian ini.

“Makanya dalam rapat paripurna itu, saya mengemukakan pertanyaan tersebut. Sebab, baru kali ini terjadi selama saya menjabat. Kemudian tujuan saya juga tak lain agar di Kabupaten Ogan Ilir di berbagai lini, khususnya di DPRD, juga bisa menjadi lebih baik, bukan bermaksud untuk mendiskreditkan siapa pun,” terang dia.

Sementara saat dibincangi usai rapat anggaran DPRD OI, Senin (16/9/2019) sore, Kepala BPKAD OI Sofiah Yuhanis mengatakan, apa yang menjadi dugaan tersebut tak perlu dipersoalkan lagi. Dirinya sudah menjelaskan sedemikian rupa, dan juga sudah berbicara panjang lebar dengan Suharmawinata.

“Hari ini usai rapat anggaran di DPRD, saya berbincang cukup lama dengan Pak Nata. Saya jelaskan kalau apa yang menjadi dugaan tersebut tidaklah benar. Saya bukan seorang yang superior, sehingga dengan mudahnya mengubah-ubah sesuatu yang sudah diputuskan. Saya rasa ini soal miss komunikasi saja, dan hal ini tak perlu dibesarkan lagi,” tukasnya.

Senada dengan Sofiah Yuhanis, Sekretaris DPRD OI Mursina juga menjelaskan hal sama. Apa yang disampaikan dirinya mungkin ditafsir berbeda, apalagi saat itu perbincangan dengan anggota DPRD tersebut melalui telepon seluler sedang dalam kondisi low signal.

“Saat ditelpon saya sedang ke Klaten, ada kegiatan dinas, saat itu hubungan telepon tidak begitu baik, suara terputus – terputus, mungkin apa yang saya bicarakan terdengarnya berbeda, dan saya rasa juga tak perlu diperpanjang kok,” ucap dia. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda