Sekda Lambar Cek Aset Berjalan Milik Pemerintah Daerah

210

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Akmal Abd Nasir, SH melakukan pengecekan aset berjalan (mobil dan motor), Kamis (10/1/2019).

Sekda melakukan pengecekan kendaraan roda empat yang terdiri dari 9 kendaraan camat, 3 kendaraan asisten, 3 kendaraan staf ahli, 10 kendaraan kepala bagian dan motor sekretariat.

“Aset pemerintah memiliki fungsi sangat strategis serta berperan penting. Namun jika dalam penggunaan tidak dikelola secara baik, maka dikhawatirkan akan menjadi persoalan. Tetapi jika sudah dilakukan pengecekan kita dapat mempertanggung jawabkan dalam pengelolaan aset dan inventarisasi lainnya,” ujar sekda saat melakukan pengecekan.

Kemudian, tiga prinsip dasar yaitu adanya perencanaan yang tepat, pelaksanaan/pemanfaatan secara efesien dan efektif, serta pengawasan (monitoring).

“Merujuk pada prinsip tersebut, pemerintah daerah sangat diharuskan untuk memiliki atau membuat perencanaan kebutuhan aset yang digunakan sebagai rujukan dalam pengadaan aset daerah. Berpijak dengan rencana yang sudah dibuat ini, kemudian pemerintah daerah baru bisa mengusulkan anggaran pengadaannya,” jelas dia.

Terakhir ia mengatakan, tanggung jawab aset sebenarnya tidak hanya dibebankan kepada pemegang barang, namun diharapkan ada koordinasi antar seluruh pihak.

“Diharapkan ASN yang memegang aset daerah dapat menjaganya dengan baik. Pengelolaan aset pemerintah berfokus pada efektifitas public service dan efisiensi penggunaan sumber daya. Dalam penggunaan sumber daya, maka korelasi terdekat adalah dengan pengeluaran pemerintah serta mempengaruhi belanja pemerintah dan jalannya pemerintahan,” pungkas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda