Penanaman Mangrove Bersama Masyarakat dalam Rangka Pembinaan Potensi Maritim Korps Marinir

365

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Brigif-4 Mar/BS dan Batalyon Infanteri-7 Marinir melaksanakan penanaman pohon mangrove yang melibatkan masyarakat serta siswa sekolah yang diselenggarakan di Pulau Mahitam Pantai Klara Ketapang Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (4/4/2019).

Danbrigif-4 Mar Kol Mar Ahmad Fajar, ST selaku pembina upacara saat menyampaikan amanatnya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program pembinaan potensi maritim Korps Marinir juga mengenalkan mangrove bagi masyarakat maupun siswa sekolah akan betapa pentingnya mangrove guna mencegah abrasi pantai dan tsunami.

“Dengan adanya biota laut yang ada pada mangrove, juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan tentunya pengembangan pariwisata,” ujarnya lagi.

“Kegiatan semacam ini juga akan terus berlanjut dengan melihat tempat yang mana bisa ditanami, hingga kedepannya dapat bermanfaat bagi anak cucu kita,” terang Danbrigif.

Kepada awak media di sela-sela kegiatan, Danbrigif juga menjelaskan bahwa kegiatan penanaman mangrove maupun baksos merupakan kegiatan rutin potensi maritim guna membina masyarakat pesisir untuk menjadi komponen cadangan bagi marinir maupun TNI AL.

“Mangrove yang kami tanam kali ini sebanyak 3000 batang dan akan terus kami lakukan rutin per triwulan, dengan mencari dan memilih tempat yang potensinya bagus untuk penanaman,” jelasnya.

“Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat dan para siswa bisa mengerti tentang pelestarian lingkungan, kemudian akan kita lakukan terus-menerus untuk menghindari pantai-pantai kita dari bahaya abrasi dan  sebagai pelindung dari kemungkinan bahaya besar tsunami, ” pungkas Danbrigif.

Sebelum dilakukan penanaman mangrove, dilakukan penyerahan secara simbolis bibit mangrove oleh Danbrigif-4 Mar/BS dan perwira jajaran Brigif-4 Mar/BS.

Hadir pada kegiatan tersebut Danyonif-7 Mar Letkol Mar Kanang Budi Raharjo, M.Tr. (Hanla), perwira Staf Brigif 4 Mar/BS, Camat Teluk Pandan, Dan Ramil Padang Cermin, serta Kapolsek Padang Cermin. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda