Pemkab Kerinci Minta Bantu Dukungan Anggaran Pariwisata

15

KERINCI, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Kerinci masih berharap adanya dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan Provinsi Jambi untuk mengembangkan sektor pariwisata.

“Sebagai kabupaten yang menjadi ikon pariwisata Jambi, saat ini anggaran untuk mengembangkan pariwisata masih sangat minim,” jelas Bupati Kerinci Adirozal dihadapan Gubernur Jambi Al Haris dan perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif RI saat membuka Festival Kerinci, Kamis (2/11/2023) kemarin

“Anggaran daerah untuk memajukan sektor pariwisata masih terbatas. Untuk kami berharap dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan Provinsi Jambi. Saat ini dari Kementerian bantuan yang kami dapatkan dari bentuk berupa sarana maupun promosi,” kata Bupati Kerinci dua periode ini.

“Dari Pemerintah Provinsi Jambi, dua tahun yang lewat sampai saat ini masih kami tunggu bantuannya,” tambah Adirozal

Disamping itu, Bupati menyampaikan sampai Agustus 2023 kunjungan wisata ke Kabupaten Kerinci melebihi target yakni meningkat 192 persen. Namun realisasi PAD bagi daerah baru sekitar 60 persen sektor wisata.

“Sampai akhir 2023 kami optimis target PAD telah melebihi. Karena biasanya di akhir tahun semakin banyak wisatawan berkunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyatakan berkomitmen untuk membantu Kerinci dalam mengembangkan dan mempromosikan sektor pariwisata. Salah satu upaya pemprov, kata Haris, yakni dengan memberikan bantuan kapal untuk wisata di Danau Kerinci.

Pembuatan kapal untuk Danau Kerinci saat ini realisasinya sudah 90 persen. Nantinya kapal besar untuk wisata akan ada di Danau Kerinci pada Desember 2023.

“Kapal wisata ini dibangun untuk meningkatkan wisatawan. Terutama di Danau Kerinci. Pada Desember sudah selesai dibuat, ini nanti jadi sarana penunjang di Danau Kerinci,” ujarnya. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda