Makin Bahagia, Pasangan Pengantin di OKI Tak Perlu Lagi Repot Urus Dokumen Kependudukan

114

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kebahagiaan pasangan Sumantri, S.Pd dan Mega Dirgantara, S.Pd kian bertambah. Di hari istimewa mereka, Pemkab OKI menghadiahi pernikahan yang mereka gelar pada Ahad (7/2) berupa paket 3 in 1 dokumen kependudukan, (surat nikah, KTP-el dengan status baru serta kartu keluarga).

“Tak menyangka, saya dan istri bisa merasakan langsung manfaat dari inovasi layanan adminitrasi kependudukan ini,” jelas Sumantri.

Sumantri juga menyampaikan terima kasih atas kemudahan akses yang diberikan serta berharap agar inovasi ini dapat secara konsisten dilaksanakan, sehingga manfaatnya bisa menjangkau lebih banyak orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil OKI, Hendri, SH, MM mengatakan, integrasi layanan adminitrasi kependudukan ini dilakukan untuk menjaga akurasi dan pembaharuan status kependudukan pasca pernikahan di Ogan Komering Ilir

“Jika dulu banyak pasangan yang telah memiliki buku nikah namun status pada dokumen kependudukan lain seperti kartu tanda penduduk dan kartu kelurga masih berstatus lajang. Dengan adanya inisiasi paket 3 in 1 diharapkan mampu meningkatkan indeks keharmonisan keluarga di OKI,” terang dia.

Cara pengurusan dokumen sangat mudah. Usai akad nikah dan tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA), dokumen pasangan baru akan dikirim ke Disdukcapil melalui aplikasi pesan WhatsApp. Oleh petugas Capil, dokumen tersebut diproses menjadi KK baru dan KTP-el dengan status telah menikah. “Proses pembuatan dokumen baru tak memakan waktu lama, dokumen lengkap KK dan KTP-el langsung jadi,” terang Hendri.

Tak hanya itu, tambah dia, dokumen kependudukan yang telah siap itu diantar petugas langsung ke rumah pasangan baru. “Langsung diantar karena kita sudah ada kerjasama dengan PT Pos,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKI H. Ahmad Syukri mengungkapkan, integrasi layanan kependudukan ini diharapkan dapat menambah indeks kebahagiaan masyarakat OKI. “Agar pernikahan di OKI jadi lebih menyenangkan, kesetiaan pasangan menjadi kunci harmonisnya hubungan,” tutupnya. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda