Rumah Warga SP Padang Ambruk, Ternyata Ini Penyebabnya

144

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Karena sudah rapuh dimakan usia dan tak kuat lagi menahan beban, tiang penyangga rumah yang dihuni oleh Rusni patah. Tak ayal, rumah ukuran 6×8 meter tersebut ambruk berkalang tanah.

Peristiwa ambruknya rumah yang berada di Dusun III Desa Pematang Buluran Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dihuni janda beranak dua itu terjadi pada hari Ahad (7/2) sekira 12.30 Wib.

“Lokasi rumah di bantaran sungai, ambruk akibat tiang penyangga rumah tidak kuat menahan beban serta sudah rapuh,” kata Camat SP Padang, Syawal Harahap, saat dikonfirmasi di sela kegiatannya mengecek langsung lokasi ambruknya rumah warga tersebut.

Selain satu unit rumah panggung milik Ibu Rusni yang ambruk, kata Syawal lagi, juga ada satu unit rumah terdampak tetapi hanya serambi depan rumah yang ambruk, yakni milik Burhan (58) yang dihuni 3 orang.

“Rumah Rusni, janda anak 2 ini, berukuran 6×8 meter, kondisi rumah kayu bertiang, konstruksi lantai dan dinding papan beratap genteng. Sedangkan milik Burhan berukuran 4×10 meter,” jelas Syawal.

Langkah – langkah yang telah dilakukan, masih kata Syawal, dirinya bersama Tripika,
Kapolsek SP Padang IPTU Zulkifli, Danramil SP Padang Lettu HL Sinaga, ibu Ketua PKK dan Staf Kecamatan SP Padang serta kades berikut perangkat desa setempat telah mengecek ke lokasi.

“Kerugian ditafsir Rp 80 juta, tak ada korban jiwa. Bersama warga tadi bergotong-royong, bantu memindahkan barang atau perabotan milik korban ke tempat saudaranya, dan berikan bantuan berupa beras, mie instan, gula serta kopi,” tambah Syawal.

“Atas adanya musibah ini, bagi masyarakat atau siapa saja yang ingin turut membantu, silahkan donasikan sedikit hartanya untuk meringankan beban para korban,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda