Kondisi Udara di Wilayah OKI Kategori Baik dan Sedang

114
Kepala DLH Kabupaten OKI, Aris Panani

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengemukakan kondisi udara atau Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di wilayah OKI mengalami naik turun.

“Kondisi udara atau ISPU saat ini naik turun dikisaran antara kategori baik dan sedang,” ungkap Kepala DLH OKI Aris Panani saat dikonfirmasi, Selasa (31/10/2023).

Ia menambahkan, kondisi itu berdasarkan ISPU dari alat AQMS (Air Quality Monitoring System) atau sistem pemantauan kualitas udara DLH OKI. Dalam setiap jam berubah antara baik dan sedang.

“ISPU di wilayah OKI per hari ini pada pukul 15.00 WIB terpantau berada pada angka 40 atau dalam kategori baik. Dalam kategori ini, masyarakat masih boleh melaksanakan aktivitas di luar,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, meski saat ini masuk dalam kategori baik, namun sebelumnya kondisi udara di wilayah OKI pernah mencapai kategori tidak sehat.

“Kategori tidak sehat ini ialah tingkat kualitas udara yang bersifat merugikan pada manusia, hewan dan tumbuhan. Dalam kondisi tersebut, untuk langkah yang harus dilakukan sudah diatur dalam Permen LHK,” tuturnya.

Masih kata Aris, dimana masyarakat diimbau diantaranya bagi kelompok sensitif boleh melakukan aktivitas di luar tetapi mengambil rehat lebih sering dan menyimpan obat asma.

“Kemudian, bagi penderita penyakit jantung, gejala seperti palpitasi/jantung berdetak lebih cepat, sesak nafas, atau kelelahan yang tidak biasa mungkin mengindikasikan masalah serius,” imbuhnya.

Selanjutnya, setiap orang diimbau untuk mengurangi aktivitas fisik yang terlalu lama di luar ruangan.

“Harapan kita, semoga masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar, sehingga tidak ada lagi karhutla. Lalu, disegerakannya musim kemarau sehingga memasuki musim penghujan dan musim buah,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda