Jadi Host Webinar Nasional, Radio Suara Muara Enim Siap Dukung Program UMKM di Indonesia

2

MUARA ENIM, BERITAANDA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Muara Enim menjadi host dalam webinar nasional yang bertajuk ‘Peranan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan di Dalam Menghadapi Pandemi Guna Pemulihan Ekonomi Masyarakat Serta Peran Radio Dalam Mendukung Program UMKM di Indonesia’, di Studio I Radio Suara Muara Enim, Rabu (11/8).

Dalam webinar tersebut menghadirkan narasumber Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel Ekowati Retnaningsih, Gubernur Gorontalo H Rusli Habibie, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP Kementerian Kominfo RI Septriana Tangkary, Ketua Asosiasi LPPL Radio dan TV Indonesia Erwin Ibrahim, serta diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, Pengurus Asosiasi LPPL, para Direktur LPPL Radio dan Televisi se-Indonesia termasuk juga para pelaku UMKM se-tanah air.

Dalam sambutannya, Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi LPPL Radio dan Televisi Indonesia yang telah mempercayakan Radio Suara Muara Enim sebagai host webinar berskala nasional. Juga tak lupa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para narasumber yang sangat luar biasa, rela meluangkan waktunya apalagi hari ini merupakan hari libur nasional.

“Walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, namun mudah-mudahan tidak mengurangi hikmah manfaat serta makna dari acara ini. Semoga dengan mengikuti webinar ini kita dapat menimba ilmu pengetahuan serta memperluas wawasan dan cakrawala berfikir dalam mendukung program UMKM melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan di dalam menghadapi pandemi guna pemulihan ekonomi masyarakat melalui peran radio seperti tema webinar pada hari ini, dan kami siap mendukung itu,” kata Ardian.

Sementara itu, Ketua Asosiasi LPPL Radio dan TV Indonesia Erwin Ibrahim saat membuka acara mengatakan, pihaknya sengaja mengangkat tema tersebut karena dirinya memahami bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 ini banyak rekan-rekan UMKM baik di Indonesia ataupun negara-negara Asia Tenggara bahkan negara-negara di seluruh dunia juga mengalami resesi ekonomi.

“Kita melihat banyaknya peluang pekerjaan tertutup, angkatan kerja kita semakin menurun dan juga tingkat pengangguran semakin tinggi dan terlihat jelas pertumbuhan ekonomi yang stagnan, bahkan turun serta penurunan pendapatan asli daerah (PAD) yang tentu juga berdampak terhadap pendapatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Karena hal yang mendasar itulah dirinya berinisiasi melalui Asosiasi LPPL Radio dan TV Indonesia (bisa dibilang radio plat merah) menggagas webinar nasional ini dengan harapan melalui forum ini dapat menemukan formula/strategi dalam menjamin keberlangsungan transaksi ekonomi di tengah masyarakat se-nusantara dalam masa pandemi saat ini, salah satunya seperti memanfaatkan media sosial, market online/transaksi digital untuk melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka langsung.

“Semoga dengan sharing ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh narasumber-nasrasumber hebat melalui webinar ini, kita dapat menemukan langkah/strategi dalam mendukung program UMKM melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan di dalam menghadapi pandemi guna pemulihan ekonomi masyarakat melalui LPPL Radio dan Televisi dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM kita dalam menjalankan usahanya tanpa harus bertatap muka langsung,” pungkasnya. [Angga]

Bagaimana Menurut Anda