Hadiri Upacara HUT TNI, Ini Pesan Ketua DPRD Lampung

9

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay menghadiri upacara dan perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur Bandar Lampung, Kamis (5/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, Kabinda Lampung Brigjen Pol. Harseno, Asintel Kajati Provinsi Lampung Dr. Aliansyah, Danlanal Lampung Kol. Laut (P) Mohammad Nizarudin, mewakili Dan Brigif Pasintel Brigif 4 Mar/ BS Letkol Mar Tantahara, serta Danlanud Pangeran M. Bunyamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto.

Mingrum Gumay menyebutkan pentingnya peran serta fungsi TNI dalam menjaga stabilitas, kondusifitas dan netralitas jelang Pemilu yang akan datang merupakan bagian dari menjaga keamanan negara.

“Untuk itu TNI harus dapat melakukan tindakan deteksi dini serta tindakan tegas dan terukur dalam setiap langkah yang akan dilakukan. Jangan sampai kita mau dipecah belah, mulai dari isu rasis hingga persoalan prinsip yang berbeda, TNI harus menjadi garda terdepan untuk hal tersebut,” ujar Mingrum

Ia juga menyebutkan, hadirnya TNI merupakan bagian dari suatu keamanan negara untuk memastikan tidak terganggunya atau terjaminnya keamanan terhadap ancaman yang akan timbul sewaktu-waktu.

“Ancaman ini tidak mesti tentang kekuatan militer ya, tetapi menyangkut ketahanan pangan, stabilitas politik dan lainnya,” terang dia.

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah TNI yang mempunyai kemampuan berkomunikasi secara intensif kepada rakyat melalui sejumlah program. Ini dapat dijadikan contoh bagaimana kedekatan itu bisa melahirkan citra yang positif di mata masyarakat

“Kalau liat dari hasil survey sejumlah lembaga, TNI mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri. Ini harus dijaga dan ditingkatkan melalui program-program inovasi pro rakyat,” pungkas Mingrum. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda