Gelar Forum Perangkat Daerah, Ini yang Disampaikan Plh Bupati Muara Enim

30

MUARA ENIM, BERITAANDA – Dalam menyelaraskan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023, pemkab setempat menggelar Forum Perangkat Daerah tahun 2021 guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RPKD) Tahun 2022, Senin (8/3), Bertempat di ruang Pangripta Nusantara, kantor Bappeda Muara Enim.

Plh Bupati H. Nasrun Umar (HNU) dalam membuka kegiatan itu menyampaikan harapannya agar penyusunan alokasi anggaran di tahun 2022 dilakukan secara proporsional dan berdasarkan prioritas pembangunan yang telah disepakati, sesuai aspirasi masyarakat melalui hasil musrenbang kecamatan maupun desa/kelurahan.

“Harapan kita semua agar penyusunan alokasi anggaran pada tahun 2022 dilakukan secara proporsional dan prioritas pembangunan yang telah disepakati berdasarkan aspirasi, serta hasil musrenbang yang diambil dari tingkat desa atau kelurahan disampaikan ke tingkat kecamatan dan dibahas di kabupaten,” ungkapnya.

Dijelaskan HNU juga, bahwa forum ini merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah di setiap tahun anggaran sebagai penyempurnaan dari rancangan awal RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2022.

“Forum ini adalah rangkaian penyusunan perencanaan pembangunan sebagai penyempurna rancangan awal RKPD setiap tahunnya yang akan dibawa pada musrenbang Kabupaten Muara Enim 2021 pada 25 Maret mendatang,” jelasnya.

Dilanjutkan dia, agar program yang disusun benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat sehingga perencanaan pembangunan, baik berupa Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah, Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 tepat sasaran, aspiratif dan akomodatif sesuai harapan seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim.

“Maka dari itu, kami mengarahkan agar semua jajaran secara khusus memperhatikan beberapa permasalahan seperti, penanganan Covid-19, tingkat kemiskinan, stunting atau kondisi gagal tumbuh pada balita dan antisipasi bencana daerah,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda H. Mat Kasrun memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan di setiap perangkat daerah akan memperhatikan target kinerja yang telah disusun dengan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023.

“Harapan kita agar semua program dan kegiatan seluruh OPD sesuai dengn harapan dan cita-cita Kabupaten Muara Enim yang Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera dapat tercapai,” pungkasnya. [Angga]

Bagaimana Menurut Anda