Deklarasi ‘OKI Zero Knalpot Brong’ Untuk Situasi Kondusif Jelang Pemilu

33

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) jadi salah satu wilayah yang melakukan deklarasi Sumsel bebas dari knalpot brong. Hal ini sebagai upaya untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban berlalu lintas.

Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto SH SIK dalam deklarasi tersebut mengatakan, keselamatan merupakan salah satu prinsip dasar penyelenggaraan transportasi di dunia.

“Kami mendapat banyak keluhan dan laporan dari masyarakat terkait maraknya penggunaan knalpot brong yang sangat mengganggu kenyamanan masyarakat, hari ini kita deklarasi bebas dari knalpot brong,” terangnya, Jumat (19/1/2024).

Hendra mengatakan, knalpot brong tidak menggunakan partisi sehingga tidak ada bagian untuk memecah suara sebagai peredam mengurangi kebisingan yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2008 tentang ambang batas kebisingan kendaraan baru.

“Melalui deklarasi Sumsel bebas dari knalpot brong, khususnya di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir jadi titik awal untuk dapat bersama menciptakan wilayah bebas dari knalpot brong, sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj. Bupati OKI melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Zulpikar S.Sos MM mengatakan, deklarasi ini sebagai upaya untuk memperkuat komitmen seluruh masyarakat untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

“Selain mengganggu indra pendengaran serta kenyamanan pengguna jalan lain dan masyarakat sekitar yang dilewati, knalpot ini juga dapat menyebabkan polusi asap, maka perlu dibebaskan OKI dari pengguna knalpot brong,” ujarnya.

Ia menyampaikan deklarasi ini jadi tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat di OKI. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda