Cegah Karhutla, Ini yang Dilakukan Polsek Cengal

168

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Polsek Cengal melaksanakan giat sosialisasi dalam rangka mitigasi pencegahan karhutla di wilayah yang rentan atau sering terjadinya kebakaran, Ahad (20/8/2023) kemarin.

Diantaranya adalah wilayah Desa Sungai Jeruju, Desa Balam Jeruju, dan Desa Sungai Pasir Kecamatan Cengal Kabupaten OKI, dimana di lokasi desa-desa tersebut sebagian merupakan daratan (tanah rawa) dan perairan.

“Mayoritas penduduknya adalah nelayan pencari ikan dan petani yang masih rentan melakukan kegiatan mencari ikan maupun bertani dengan cara membakar, karena hal tersebut sudah turun temurun dan mudah dilakukan, apalagi di musim kemarau seperti ini,” jelas Kapolsek cengal IPDA Chandra Kirana saat dihubungi, Selasa (22/8/2023).

Lanjut dia, Polsek Cengal berusaha mensosialisasikan ke rumah warga dan kelompok masyarakat di Dusun Rompok, Simpang Tiga, dan bagan Rami yang bekerja sama dengan Tripika Cengal dan perangkat Desa Sungai Pasir, serta melibatkan Tim RPK perusahaan penyangga yang ada di lokasi tersebut (PT Limau Kasturi Sampoerna Agro).

“Dalam kesempatan itu juga, Polsek Cengal memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak akibat musim kemarau karena kegiatan mencari ikan dan bertani agak berkurang. Diharapkan dengan sosialisasi ini kebakaran atau karhutla di wilayah Desa Sungai Pasir Kecamatan Cengal dapat berkurang atau zero. Serta tidak ada lagi warga desa yang diproses hukum akibat membuka lahan berkebun dengan cara dibakar,” pungkas di. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda