Bupati Muara Enim Dukung Perda Pesantren Diterbitkan

34

MUARA ENIM, BERITAANDA – Untuk mewujudkan pendidikan yang setara dan berkeadilan, Bupati Muara Enim dukung penuh akan diterbitkannya Perda Pesantren. Hal ini terungkap dalam pertemuan bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Muara Enim, Senin (8/2), di ruang rapat bupati.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PCNU Kabupaten Muara Enim Gus Ahmad Mujtaba, SE S.Th.i dan para pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Muara Enim.

Seperti yang dikatakan oleh Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH, yang menyambut baik inisiatif untuk diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Muara Enim mengenai penyelenggaraan dan pengembangan pesantren.

“Melalui perda ini, maka pemerintah daerah dapat benar-benar hadir memfasilitasi pengembangan pesantren melalui APBD seperti halnya sekolah umum lainnya,” kata bupati.

Bupati menyampaikan bahwa dirinya mendorong adanya regulasi atau payung hukum yang sah terhadap keterlibatan pemerintah daerah dalam pembiayaan penyelenggaraan pengembangan pesantren di Kabupaten Muara Enim.

“Baik itu melalui APBD ataupun sumber lainnya yang sah sesuai perundang-undangan, sehingga pesantren memiliki kesempatan yang sama layaknya sekolah umum lainnya,” jelas dia.

Ia juga mengatakan, apalagi Gubernur Sumsel pun juga menerbitkan perda serupa sehingga dapat menjadi arahan dan pertimbangan kuat bagi Muara Enim untuk dapat mengakomodir hal yang sama.

“Sebagai lembaga kegiatan belajar dan mengajar khususnya dalam menanamkan nilai-nilai Islam, sudah semestinya pesantren mendapatkan perhatian yang lebih atau setidaknya sama dengan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya,” terang dia.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya akan menindaklanjuti rencana ini agar dapat dibahas melalui program pembentukan (propen) perda ke DPRD Kabupaten Muara Enim.

“Harapan kita dengan adanya perda ini nantinya, pesantren dapat lebih sejahtera dan maju karena nantinya juga akan memuat kerjasama dan kemitraan pesantren dengan dunia usaha. Demikian cita-cita Kabupaten Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera dapat terwujud,” pungkasnya. [Angga]

Bagaimana Menurut Anda