Apel Gabungan Karang Taruna Tapsel Dikomandoi Ketua Komisi Kejaksaan RI

345

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Apel gabungan dalam rangka puncak bulan bhakti dan sekaligus hari jadi ke-60 Karang Taruna di Tapanuli Selatan (Tapsel), pada Sabtu (24/10/2020), di lapangan Parade komplek kantor Bupati Tapsel, berlangsung dengan penuh khidmat dan lancar.

Di lapangan persis berada di depan kantor Bupati Tapsel yang ada di dataran tinggi itu, sebanyak 500-an pengurus Karang Taruna perwakilan dari beberapa kecamatan ikut ambil bagian. Mereka berbaris rapi membentuk huruf ‘U’ memenuhi lapangan, berkonsepkan protokol kesehatan.

Sementara, bertindak sebagai inspektur upacara (irup) dan melakukan pengecekan peserta apel, Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, DR. Barita Simanjuntak SH, MH, CFrA, yang secara khusus datang dari Jakarta.

Tampak hadir di tribun lapangan antara lain anggota DPR RI DR. Saleh Partaonan Daulay M.Ag, M.Hum, MA, Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu SH, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kepala BNNK Tapsel, mewakil Dandim 0212/TS, Sekda, pimpinan OPD, dan lainnya.

Selain pengecekan barisan apel oleh irup, rundown acara meliputi pembacaan ikrar yang dibawakan Ketua Karang Taruna Tapsel Ahmad Bangun Ritonga. Juga kilas balik sejarah Karang Taruna sampai tumbuh berkembangnya di Tapsel dengan pemaparan H. Agus Salim Simatupang.

Amanat irup Barita Simanjuntak menegaskan, sungguh hatinya melihat langsung masa depan Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, bahkan Indonesia bersemayam di wajah generasi muda yang bersemayam di Karang Taruna.

“Ketegasan merupakan ciri khas idealisme pemuda yang cinta damai, cinta demokrasi, dan menolak anarkis. Hal itu saya lihat telah tertancap di sanubari Karang Taruna. Jadilah garda terdepan dalam pelaksanaan pengamanan pembangunan nasional,” doktrin Barita ke peserta apel.

Tidak ketinggalan, Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu dikesempatan itu juga mencetus dukungan kongkritnya atas pemenuhan usaha ekonomi produktif (UEP) Karang Taruna, dengan memberikan bantuan mesin doorsmeer ditambah mesin compressor sebanyak empat unit.

Bagi Syahrul, sebanyak 6.522 pengurus Karang Taruna yang tersebar di 248 desa / kelurahan se-Tapsel adalah tonggak estafet daerah serta bangsa. “Kalian semua itu merupakan ahli waris dan sekaligus pemilik masa depan, serta penentu maju mundurnya daerah Tapsel,” ujarnya.

Sejauh ini, bupati mengaku puas atas dedikasi yang telah dipersembahkan Karang Taruna dalam membantu pihak Pemkab Tapsel mewujudkan visi misi pemerintah. “Tidak berlebihan kalau kemudian Karang Taruna Tapsel 2 kali meraih penghargaan Mensos RI,” pungkasnya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda