Wako Ahmadi dan Wawako Antos Hadiri Kenduri Sko Desa Tanjung Bunga

22

SUNGAI PENUH-JAMBI, BERITAANDA – Walikota Kota Sungai Penuh Ahmadi bersama Wakil Walikota (Wawako) Alvia Santoni (Antos) hadiri kenduri adat/sko Desa Tanjung Bunga Kecamatan Tanah Kampung, Ahad (11/9).

Kedatangan Wako Ahmadi dan Wawako Antos disuguhka dengan atraksi pencak silat dan tari persembahan sekapur sirih serta disambut aparat pemerintah desa, ninik mamak, tokoh masyarakat, alim ulama, para pemuda dan masyarakat setempat.

Wako Ahmadi dalam sambutannya, kenduri sko merupakan wujud rasa syukur atas rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Serta mengukuhkan tokoh adat, seperti ninik mamak, hulu balang dan mengantikan pemangku adat yang harus berganti.

“Kegiatan ritual kenduri sko seperti ini perlu kita lestarikan, sesuai dengan pepatah adat, adat bersendikan syarak, syarak bersendikan kitabullah, yang tidak lapuk di hujan dan lekang karena panas,” katanya.

Melalui pelaksanaan kenduri sko, Wako Ahmadi juga mengharapkan kepada depati ninik mamak benar-benar dapat memahami norma-norma adat yang telah diatur fungsi dan tanggung jawabnya bagi setiap pemakai.

“Apabila norma-norma adat memang benar-benar dapat dipegang oleh depati mamak dan seluruh pemangku adat, Insya Allah masyarakat kita akan hidup tentram, rukun dan damai,” ungkapnya.

Selain itu, Wako Ahmadi juga mengatakan, Pemkot Sungai Penuh saat ini tengah melaksanakan berbagai program prioritas, seperti pembangunan TPS3R untuk penaganan masalah sampah, membangun sumber daya manusia, melalui program satu rumah satu serjana dan juga membangun rumah tahfiz di setiap kecamatan dalam rangka membangun generasi muda berakhlak mulia.

“Komitmen pemkot, Insya Allah akan tetap terjaga dalam membangun kesejahteraan masyarakat dalam bingkai maju berkeadilan,” tutupnya. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda