Viral di Medsos, Buaya Muncul di Sungai Komering Desa Arisan Buntal

2427

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Jika beberapa waktu lalu warga dihebohkan dengan kemunculan buaya di Sungai Komering Desa Tanjung Serang Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan. Kali ini, masih di kecamatan yang sama, warga kembali dihebohkan atas adanya buaya yang muncul di Sungai Komering Desa Arisan Buntal. Bahkan mulai viral di Facebook dan media sosial (medsos) lainnya.

Menyikapi hal itu, Satpol PP dan Damkar OKI langsung bergerak untuk pastikan informasi beredar di media sosial tersebut. Seperti diungkapkan Sekretaris Dinas Satpol PP dan Damkar OKI, Syawal Harahap, Jumat (10/1/2020) siang.

“Informasi adanya buaya telah beredar di media sosial Facebook. Menyikapi itu, maka kita berkoordinasi dengan Kades Arisan Buntal, Fatma Helmi, untuk memastikan kebenarannya,” ungkap Syawal.

Kemudian kita perintahkan anggota untuk memantau keberadaan buaya. Kata dia lagi, ternyata memang benar ada buaya yang muncul di Sungai Komering Dusun II Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung.

“Saat tiba di lokasi, memang ada kemunculan buaya, yang langsung terlihat oleh anggota kita dan masyarakat. Walau diduga buaya yang sama, kali ini buaya muncul di sungai lokasinya dekat jembatan tol,” ujar dia.

Kalau beberapa waktu lalu di Sungai Tanjung Serang, ditegaskan dia, kali ini di Sungai Komering Dusun II Desa Arisan Buntal. Dan kita telah perintahkan anggota untuk melakukan antisipasi dini.

“Kita sudah koordinasi dengan kades, agar himbau masyarakatnya tidak beraktivitas sementara ini di Sungai Komering, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi,” tandas dia.

Walau terdeteksi saat ini hanya satu ekor yang muncul dengan ukuran 2 – 3 meter, lanjut dia, tetapi karena muncul dekat dengan aktivitas warga, yaitu di seberang tempat pemandian dan mencuci, maka perlu diwaspadai.

“Warga juga diimbau agar tak beraktivitas di sungai sementara ini. Kita juga coba akan berkoordinasi dengan pihak BKSDA Sumsel,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda