Vaksin Keliling Jadi Terobosan Percepat Vaksinasi Covid-19

11

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Saat memimpin apel kesiapan vaksinasi Covid-19 keliling, Kapolda Lampung Irjen Pol. Hendro Sugiatno mengaku bahwa vaksinasi massal sudah kita laksanakan, namun perlu ditingkatkan lagi.

“Kami perlu berinovasi untuk mempercepat vaksinasi dengan mendekatkan diri kepada masyarakat. Dalam hal ini, strategi kita adalah mendatangi masyarakat secara langsung (door to door) melalui kendaraan dan personel TNI-Polri yang telah disiapkan,” ungkap Kapolda, Rabu (21/7), di lapangan Saburai, Kota Bandar Lampung.

Kapolda juga meyampaikan untuk wilayah kabupaten, Polres jajaran Polda Lampung silahkan memanfaatkan kendaraan yang ada untuk menjangkau daerah-daerah pemukiman warga yang akan divaksinasi.

“Karena jangkauan masyarakat serta geografis Lampung sangat luas, kemudian faktor kondisi fisik masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke tempat vaksinasi, sehingga perlu upaya-upaya kita untuk hadir langsung di tengah masyarakat, guna percepatan vaksinasi Covid-19. Untuk vaksin keliling ini disetiap Polres minimal menyediakan tiga kendaraan,” jelas Kapolda.

“Negara memerintahkan kita wajib hadir di tengah-tengah masyarakat, maka ini merupakan salah satu langkah dalam upaya meningkatkan vaksinasi di Provinsi Lampung agar lebih cepat tercapai,” ujar beliau lagi.

Selanjutnya, Kapolda menjelaskan bahwa saat ini vaksinasi Provinsi Lampung sudah mencapai 78 persen, dari 1 juta vaksin yang telah kita terima. “Mudah-mudahan dengan upaya yang kita lakukan, dapat lebih mempercepat proses vaksinasi di Provinsi Lampung,” tambah dia.

Dirinya kembali menegaskan, untuk daerah-daerah yang terletak di pulau-pulau sekitar wilayah kabupaten di Provinsi Lampung, Polda Lampung juga telah menyiapkan kapal laut yang akan difasilitasi oleh Direktorat Polair (Dit Polair) Polda Lampung.

“Jadi saya minta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten agar jangan ada kendala,” terang dia.

Terkait sarana transportasi dan personel, Polda Lampung bersama dengan TNI siap mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19. Jika ada kendala, silakan berkoordinasikan ke Polres atau Polsek setempat, karena tujuan kita adalah bagaimana masyarakat dapat tervaksinasi dengan baik, ” imbuhnya.

Untuk target vaksinasi Covid-19 keliling yang kita laksanakan, khususnya Polri yaitu 29.000 dosis vaksin, kemudian dari pemerintahan daerah sekitar 37.600 dosis vaksin. Semua secara bersama-sama dan terkoordinasi dengan baik antara Pemda dengan TNI-Polri.

Untuk melaksanakan Vaksinasi Covid-19 keliling, Kapolda berharap jangan ada ego sektoral. Semua yang kita lakukan demi kesehatan masyarakat. Juga untuk pelaksanaanya kepada vaksinator dan peserta vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Mudah-mudahan dengan kegiatan vaksinasi Covid-19 keliling ini, kita semua terlindung dari wabah Covid-19, karena tujuan kami adalah untuk kesehatan masyarakat. Apabila masyarakat sehat, otomatis ekonomi akan berjalan seperti sedia kala,” pungkas Kapolda.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung dr. Reihana yang juga hadir pada kegiatan vaksin keliling Polda Lampung tersebut mengatakan, bahwa kasus terkonfirmasi Covid-19 di  Provinsi Lampung dalam beberapa hari ini mengalami penurunan. Itu dilihat dari BOR (bed occupation rate) rumah sakit.

“Kami juga telah meningkatkan tes dan tracking kepada warga. Dari hasil tes tersebut ada beberapa warga yang positif Covid-19, akan tetapi gejalanya hanya ringan, dan kami sarankan untuk menjalani isoman (isolasi mandiri) saja,” ujarnya lagi.

Sedangkan Juwita, ibu rumah tangga yang menjadi peserta vaksin mobile pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi yang sangat bagus untuk kepolisian, khususnya Polda Lampung dan Polres jajaran.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut dia, masyarakat yang lokasinya jauh bisa dengan mudah mendapatkan vaksin. Tidak perlu jauh-jauh, sebab mobil vaksin keliling sudah bisa hadir langsung datang di tengah – tengah masyarakat.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa mempercepat proses vaksinasi, agar kita segera bisa terbebas dari pandemi Covid-19 ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan apel tersebut melibatkan personel TNI-Polri, tenaga vaksinator dari Biddokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Lampung, dan puluhan kendaraan dinas dari Polda Lampung untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 keliling. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda