Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Muara Enim Berlangsung Khidmat

90

MUARA ENIM, BERITAANDA – Upacara pengibaran duplikat sangsaka merah putih di Kabupaten Muara Enim berlangsung khidmat, Senin (17/8).

Dinahkodai Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan selaku inspektur upacara dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 yang juga dihadiri Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Muara Enim, Staf Ahli, Pj Sekda serta para ASN lingkup Pemkab Muara Enim.

Upacara penaikan duplikat sangsaka merah putih tahun 2022 kali ini berlangsung di lapangan Merdeka dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

Adapun petugas pada upacara pengibaran yaitu komandan upacara yakni Mayor. Chb. Jauhari dari Kasdim 0404 Muara Enim, perwira upacara yakni Kapten. Inf. Ery Hastanto selaku Pasipers Kodim 0404 Muara Enim, serta ajudan inspektur upacara yakni Wendy Nayoan.

Kemudian untuk petugas pengibar bendera yaitu Aska Tri Ilham dari SMA Negeri 2 Muara Enim, M. Dwi Prasetyo dari SMA Negeri 2 Muara Enim, dan Rabil Surya Azuari dari SMA Negeri 1 Lembak. Sedangkan pembawa baki yaitu Aqilah Dzahabiyah dari SMAN 2 Muara Enim.

Dalam arahannya, Pj Bupati Kurniawamengatakan, melalui peringatan HUT kemerdekaan RI ini menjadi momentum kebangkitan otonomi daerah, khususnya di Kabupaten Muara Enim.

Dirinya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta dan petugas upacara, khususnya kepada pasukan pengibar duplikat sangsaka bendera merah putih yang merupakan putra-putri pilihan terbaik dari seluruh belahan Bumi Serasan Sekundang.

Dalam rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI ke-77 ini, sebagai wujud syukur dan terimakasih kepada para pejuang kemerdekaan atas pengorbanan dan perjuangan meraih kemerdekaan bangsa Indonesia, pemkab memberikan santunan dana kehormatan kepada veteran dan janda veteran di Kabupaten Muara Enim.

Usai pelaksanaan upacara di lapangan merdeka pagi tadi, Pj Bupati Kurniawa bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan pejabat terkait lainnya langsung menuju ke ruang rapat Pangripta Nusantara kantor Bappeda Muara Enim guna mengikuti secara virtual upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dari Istana Merdeka.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) bersama para perintis kemerdekaan, pejuang, veteran, purnawirawan dan wredhatama di Kabupaten Muara Enim sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas apa yang telah mereka perjuangkan. (ADV/Angga)

Bagaimana Menurut Anda