TP PKK OKI ke Desa Sukamaju Lempuing Jaya, Lakukan Pembinaan dan Penilaian

103

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dengan tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19, Tim Penggerak [TP] PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) datang ke Desa Sukamaju Kecamatan Lempuing Jaya OKI, sebab desa tersebut merupakan salah satu peserta Lomba Hatinya PKK.

Hatinya PKK merupakan singkatan dari halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah, ditanami tanaman produktif atau tanaman hias.

Dengan begitu, selain menjadi cantik, asri dan menyejukkan mata dengan bunga dan tanaman hijau lainnya. Jika ada produk lebih akan bisa bernilai ekonomis dan diharapkan dapat penuhi kebutuhan gizi serta tingkatkan ekonomi keluarga si pemilik rumah.

“Betul, Senin (14/6), tim penilai kita¬†datang ke Desa Sukamaju Lempuing Jaya. Hatinya PKK ini merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (Pokja) III PKK,” ujar Hj. Lindasari Iskandar, SE selaku Ketua TP PKK OKI, Selasa (15/6).

Melalui program ini, TP PKK membina kader dan masyarakat agar dapat bergerak manfaatkan halaman pekarangan rumahnya masing-masing. Kata dia lagi, walaupun kecil dan minimalis, tetapi jika diolah serta diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

“Bukan saja tanaman hias, salah satu pemanfaatan pekarangan diantaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung atau tanaman keras,” jelas dia.

Dalam lomba Hatinya PKK, masih kata dia, penataan halaman diperhatikan, terutama tata sarana pembuangan limbah rumah tangga yang dapat menyebabkan genangan di halaman rumah hingga dapat menjadi sumber penularan penyakit.

“Selain Hatinya PKK, tim kita kemarin juga menilai lomba tingkat kabupaten lainnya, yaitu lomba paar yang diikuti oleh desa lubuk seberuk, up2k oleh desa tania makmur, phbs oleh Desa Sukajaya dan IVA Test oleh Desa Lempuing Indah, dimana lomba tersebut penilaian dipusatkan di Desa Sukamaju,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda