Tour de Singkarak Diperkirakan Masuk Kerinci di Tanggal Ini

688

KERINCI-JAMBI, BERITAANDA – Pada bulan Novenber 2019 mendatang, event Tour de Singkarak (TdS) akan berlangsung di Kerinci dan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Ada beberapa ruas jalan yang akan dilewati para peserta tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kerinci H. Ardinal K.Spd MSi kepada BERITAANDA, Selasa (3/9/2019).

Ia membenarkan pada tanggal 7 November 2019 peserta TdS diperkirakan akan masuk di Kerinci setelah finis di Solok Selatan sekitar pukul 15.00 Wib.

“Di Kerinci nanti sekitar jam 2 siang start di Objek Wisata Telum Berasap. Sebelum start, kita akan mengadakan prosesi pembukaan TdS etape 7 Kerinci diawali dengan launching air minum segar, bertempat di Tugu Macan,” kata Ardinal.

Dari Tugu Macan, lanjut Ardinal, komunitas sepeda Kerinci akan beramai-ramai bersepeda ke titik start di objek wisata Telum Berasap. Disitu nantinya diadakan rangkaian acara pembukaan secara resmi oleh Bupati Kerinci, perkenalan tim, dan disuguhkan pula tampilan budaya.

“Kita akan tampilkan minat khusus seperti tari kaca. Biar para turis terpukau melihat tari Kerinci nginjak kaca tapi tidak luka. Kemudian tari ranguk dan beraneka ragam seni budaya lainnya,” tambah Ardinal.

Dikatakan dia lagi, setelah selesai makan siang pukul 11.30 Wib, kita istirahat untuk menunaikan sholat Jumat.

“Setelah sholat Jumat, baru prosesi start jam 2 siang. Sebelum start, kita kembali adakan acara seni budaya yang memukau,” jelas dia.

Sementara Kabid Pemasaran dan Promosi Wisata Kerinci Drs Samardin MPd saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, untuk rute mulai dari objek wisata Telum Berasap, lewat Pasar Pelompek, terus ke Balai Pembibitan Pertanian. Kemudian ke Simpang Macan, masuk ke Gunung Labu Geri Milyo Patok Empat, kemudian mutar lagi ke belakang.

“Nanti kita masuk lagi dari Simpang Bento naik ke Sungai Asam. Lalu keluar di Batu Hampar, dilanjutkan ke Siulak Deras turun ke Lubuk Nagodang menuju ke Bukit Tengah. Terus ke Pasar Siulak Gedang Semurup dan Simpang Belui, masuk ke Kemantan sampai ke Kemantan Hilir,” ucap Samardin menjelaskan.

Kita berharap kepada kepala desa untuk ikut berpartisipasi dengan cara menutup akses jalan dengan spanduk desa. “Seperti spanduk kerang taruna, BPD dan mejelis ta’alim bertulis mendukung Tour de Singkarak etape 7 di Kerinci,” terang dia.

“Kita juga meminta supaya jalan kiri dan kanan yang dilewati oleh peserta TdS dihiasi tanaman bunga mulai dari sekarang, atau tumbuh kira-kira saat TdS berlangsung,” pungkas Samardin. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda