Tim SAR Brimob Lampung Serbu Pulau Kelagian Pesawaran Lampung

91

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Brimob Polri adalah kemampuan SAR Laut. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti search (pencarian) dan rescue (pertolongan/penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang maupun pendukung kegiatan di lapangan.

Untuk itulah, satuan Brimob Polda Lampung menggelar latihan SAR laut di Pulau Kelagian Pesawaran yang diikuti oleh perwakilan personel jajaran Satbrimob Polda Lampung, Selasa (25/8/2020).

Komandan Satuan Brimob Polda Lampung Kombes Donyar Kusumadji, SIK mengatakan bahwa kegiatan latihan SAR laut ini merupakan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan profesionalitas personel Brimob Polda Lampung.

“Latihan ini sebagai salah satu cara untuk mensinergikan persepsi pada saat terjadi bencana atau musibah di air, dan juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan, serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di lautan,” tambahnya.

Latihan SAR laut kali ini terfokus dalam kegiatan penyelaman dan teknik evakuasi serta penyelamatan korban di laut yang berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban.

“Dalam kegiatan ini, harapannya personel Brimob bisa berperan dalam setiap kegiatan SAR yang ada di wilayah Lampung. Semoga dengan kegiatan peningkatan kemampuan SAR membuat personel Brimob Polda Lampung semakin percaya diri untuk melayani masyarakat,” pungkas Kombes Donyar Kusumadji. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda