Rupinus: MTQ Bukan Mengenai Menang dan Kalah

26

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus selaku Ketua Umum MTQ Kalbar ke-XXVIII melaporkan bahwa jalannya pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung lancar. Meski demikian, ia mengakui ada kafilah kabupaten yang datang di hari ketiga.

“Syukur kepada Tuhan karena pelaksanaan MTQ digelar semaksimal mungkin. Perwakilan dari Kabupaten Melawi tidak dapat hadir dari awal, dan baru hadir pada hari ketiga karena ada bencana alam disana,” papar bupati dalam laporannya saat penutupan MTQ Kalbar, Senin (21/9/2020) siang.

Rupinus mengatakan bahwa MTQ bukan mengenai menang dan kalah, namun bagaimana aplikasi Alquran dalam kehidupan, langkah, dan tindak tanduk. Menurut dia, sangatlah tidak tepat jika orientasi MTQ hanya menang dan kalah.

Mengenai pelaksanaan MTQ Kalbar yang berjalan baik, dikatakan Rupinus,  dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dan kontribusi semua pihak.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Sekadau, saya menyampaikan permohonan maaf kepada kafilah bila ada kekurangan dalam pelayanan,” beber dia.

Di tempat yang sama, Ketua LPTQ Kalbar H. Brigjen Pol. (Purn) Andi Musa mengatakan, MTQ ini diikuti 612 peserta dari 14 kabupaten / kota se-Kabar di 12 cabang dan 50 golongan lomba. “Dilaksanakan  secara virtual dan faktual, di Pontianak serta Sekadau,” jelasnya.

Dipaparkan Andi, untuk golongan yang diperlombakan secara faktual di Sekadau hadiahnya diserahkan  secara langsung. Sementara secara faktual dan virtual di Kota Pontianak. Piala dan piagam akan diserahkan kepada ketua kafilah, sedangkan uang pembinaan ditransfer di rekening.

“Juara pertama akan mewakili Kalbar di MTQ nasional di Padang Sumatera Barat yang akan dilaksanakan 52 hari mendatang. Sebelum mengikuti MTQ nasional akan dilaksanakan TC sebanyak dua kali,” tukas mantan Kabid Propam Polda Kalbar itu.

Atas nama pengurus MTQ Kalbar, Andi menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Kalbar yang antusias memberikan dukungan serta doa yang disaksikan secara live streaming di youtube.

“Konsep panitia MTQ tidak disaksikan secara langsung, karena saat ini masih dalam kondisi wabah Covid-19,” tukas Andi.

Pasca ditutup, penyerahan hadiah kepada para juara perlombaan secara faktual di Kabupaten Sekadau oleh perwakilan Forkompinda Kalbar dan Kabupaten Sekadau, serta penutupan bendera MTQ oleh petugas Paskibra. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda