Rekam KTP-el, Disdukcapil OKI Jemput Bola Layani Penyandang Disabilitas, Lansia dan ODGJ di SP Padang

49

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berikan pelayanan jemput bola untuk melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi penyandang disabilitas, lansia dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah Kecamatan SP Padang, Rabu (8/9).

Kendati harus berjalan kaki, karena menuju lokasi rumah para warga rentan administrasi kependudukan tersebut, acapkali tak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Tim dipimpin langsung Kepala Disdukcapil OKI H Hendri, SH MM ini tetap semangat untuk melakukan perekaman KTP-el.

Dalam kegiatan tersebut, tim Disdukcapil didampingi Camat SP Padang Syawal Harahap S.Sos M.Si dan seorang petugas sosial masyarakat (PSM) Rezi Merry Yusuf yang juga menjabat Kades Terusan Menang Baru SP Padang. Dimana, kedua orang inilah yang menunjukkan lokasi rumah para warga sasaran.

“Pada kegiatan pertama, tanggal 12 dan 13 Agustus 2021 lalu, tercatat Disdukcapil OKI telah melakukan perekaman KTP-el bagi 42 orang penyandang disabilitas dan lansia serta 1 ODGJ dalam wilayah SP Padang dan Desa Ulak Kemang Pampangan,” ujar Kadisdukcapil OKI.

Namun dalam kegiatan pertama yang juga dilakukan dengan sistem jemput bola, yakni door to door ke rumah para warga, waktu itu masih ada yang belum mendapat pelayanan perekaman KTP-el. Kata dia lagi, maka kali ini Disdukcapil OKI kembali menyambangi kediaman mereka guna melakukan perekaman.

“Perekaman KTP-el sistem jemput bola bagi penyandang disabilitas, lansia dan ODGJ ini merupakan salah satu upaya Disdukcapil OKI dalam tingkatkan pelayanan, terutama kepada warga yang berkebutuhan khusus dan rentan administrasi kependudukan,” ujar dia.

Karena kita tahu jika dilihat kondisi para warga tersebut, lanjut dia, mereka rata – rata keluar rumah pun sulit, sehingga tentunya tak akan mampu datang langsung ke kantor Disdukcapil OKI. Makanya kita yang datangi untuk melakukan perekaman KTP-el, dengan begitu mereka dapat terbantu.

“Bagi warga yang keluarganya termasuk sebagai penyandang disabilitas, lansia dan ODGJ, bila belum memiliki KTP-el bisa melaporkan secara langsung ke Disdukcapil OKI melalui Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, supaya bisa kita kunjungi pada tahap berikutnya,” tandas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda