Rayakan Hari Jadi, IBI OKI Gelar Seminar Bersama dr. Boyke

48

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Ogan Komering Ilir gelar seminar kesehatan bersama dr. Boyke Dian Nugraha SpOG MARS, dalam rangka Peringatan Hari Bidan Nasional ke-72 tahun 2023 di Gor Biduk Kajang, Selasa (29/8/2023).

Bupati melalui Ketua TP PKK Kabupaten OKI Hj. Lindasari Iskandar mengatakan, IBI memiliki peran strategis sebagai penggerak pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan generasi sehat, kuat dan berkualitas.

“IBI Kabupaten OKI dapat terus tumbuh dan meningkatkan kualitas serta berkontribusi dalam melayani masyarakat, khususnya kesehatan ibu dan bayi,” kata Lindasari.

Dikatakan Lindasari, berkat sinergitas padu antara TP PKK dan IBI OKI berhasil mengakselerasi penurunan stunting sampai mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

“Kami terus mendorong IBI Kabupaten OKI untuk sinergi bersama dengan pemerintah, khususnya dalam memberikan pelayanan prima kesehatan bagi, terkhusus untuk kasus kematian ibu dan anak yang semakin membaik. IBI OKI semoga terus bertumbuh dalam kemajuan,” imbuhnya.

Ketua IBI Kabupaten OKI Hj. Rosdiana Suhaimi menyampaikan, kegiatan hari ini sebagai wadah untuk peningkatan kapasitas dalam bidang kesehatan ibu dan anak, peningkatan kepedulian terhadap layanan kesehatan ibu dan anak, serta penguatan silaturahmi sesama anggota IBI.

“Sebelum kegiatan hari ini, IBI OKI telah melaksanakan bakti sosial imunisasi dan pelayanan KB, yang dimana bermuara pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Rosdiana.

Ia menyampaikan ada sebanyak 23 Ranting Pengurus IBI di 18 kecamatan dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten OKI, dengan jumlah anggota sebanyak 1.686 orang per Juli 2023.

“Hari ini kita semua berkumpul, ribuan bidan di seluruh Kabupaten OKI untuk mengikuti seminar bersama dr. Boyke. IBI OKI cantik, sehat, bergairah cerminan kepribadian dalam penampilan,” kata dia.

Sementara Ketua IBI Provinsi Sumatera Selatan, Lisamora Braksan menyampaikan, IBI yang menjadi salah satu organisasi keprofesian telah eksis memberikan kontribusi sejak 72 tahun yang lalu.

“Peringatan Hari IBI ke-72 pada tahun 2023 dilaksanakan secara bersama dan berjenjang di 18 kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan dengan 311 Ranting Pengurus dan 18.246 anggota, sesuai dengan data KTA online per Juni 2023,” jelas Lisa.

Lisa berharap seluruh bidan di Kabupaten OKI dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan dan memberikan pelayanan prima saat bertugas untuk kualitas kesehatan yang semakin membaik. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda