Ratusan Pemudik Masuk ke Wilayah OKI, 5 Orang Reaktif Covid-19

137

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Ratusan pemudik yang masuk ke wilayah Ogan Komering Ilir [OKI], digiring aparat untuk dites Covid-19 di pos penyekatan.

Pantauan di dua titik penyekatan pintu tol Celikah Kayuagung dan Pangarayan Tanjung Lubuk OKI pada Selasa (18/5), sejumlah kendaraan diberhentikan secara acak oleh aparat petugas gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP hingga Dishub OKI.

“Hari ini ada 140-an pelintas yang diperiksa secara acak melalui g-nose maupun antigen sebagian dengan tujuan Provinsi Lampung dan Pulau Jawa,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan OKI, Iwan Setiawan, melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Mukti Uli Artha.

Dari hasil tes ini, petugas gabungan menemukan lima [5] pemudik yang reaktif Covid-19. “Dari 140-an yang dites, 5 reaktif semuanya warga luar OKI,” imbuhnya.

Terhadap kelima pemudik yang reaktif Covid-19 tersebut diarahkan ke Wisma Atlet Palembang, karena bukan warga OKI.

“Tindaklanjutnya kita arahkan ke Wisma Atlet Palembang, kalau warga OKI karantina di ODP Center Teluk Gelam,” terang dia.

Uli mengatakan, dua pos penyekatan tersebut yakni di pintu tol Celikah dan Pangarayan, jadi titik utama tes antigen bagi pemudik di OKI. Meski demikian, pos-pos lain juga dapat melaksanakan tes antigen apabila dianggap perlu.

Tes antigen bagi para pemudik ini akan terus berlangsung, hingga diperpanjangnya masa penyekatan mudik 2021 di Sumatera Selatan.

“Untuk tes kita lakukan selama arus balik mudik. Kita tes sampling secara acak, kita lakukan tes untuk penumpang semasa pengetatan mudik,” tuturnya. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda