Rangkaian HUT OKI ke-78 Sudah Dicanangkan, Berikut Makna Logo dan Temanya

165

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) resmi mencanangkan rangkaian kegiatan acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ogan Komering Ilir ke-78. Bersamaan dengan itu, Pemkab OKI juga meluncurkan logo dan tema khusus pada peringatan HUT OKI tersebut.

Berdasarkan situs resmi dan akun media sosial Diskominfo OKI, tema yang diangkat tahun ini adalah ‘Melaju, Tumbuh dan Berkelanjutan’. Tema ini dianggap sebagai amplifikasi yang mempresentasikan usia Kabupaten Ogan Komering Ilir ke-78 yang melambangkan inovasi, semangat, harapan dan keberlanjutan pembangunan.

Disebutkan juga bahwa tema ini bermakna akan kesiapan Ogan Komering Ilir untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta pemantik kemajuan.

Selanjutnya, untuk logo juga memiliki arti dan makna. Antara lain angka 7 dan 8 yang saling terpaut menandakan kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakatnya dalam melanjutkan derap pembangunan.

Logo ini memiliki beberapa elemen antara lain, air sebagai sumber kehidupan dan menandakan topografi Ogan Komering Ilir yang berupa sungai dan perairan. Selanjutnya lingkaran menandakan solidaritas, kekompakan pemerintah, swasta, stakeholder dan seluruh masyarakat dalam melanjutkan pembangunan. Daun melambangkan kesuburan dan kemakmuran serta struktur ekonomi utama masyarakat Kabupaten OKI, yaitu dari sektor pertanian dan perkebunan. Lalu angka 7 dengan ornamen rangka bangunan melambangkan pembangunan infrastruktur yang terus dikebut. Sementara angka 8 yang terbuka menandakan upaya pemerintah mendengar setiap aspirasi warganya.

Rangkaian HUT Kabupaten OKI ke-78 tahun ini akan diisi berbagai acara, diantaranya tabligh akbar dengan mendatangkan KH. Fikri Haikal MZ yang merupakan putra dari dai kondang Almarhum KH. Zainudin MZ. Pengajian akbar ini akan digelar di Pendopo Kabupatenan Kayuagung pada Ahad (8/10/2023).

Selanjutnya bersama Bulog, Pemkab OKI juga akan menggelar pasar murah yang akan dipusatkan di Segitiga Emas Kayuagung. Pasar Murah ini akan digelar pada 11 Oktober 2023 serta ditutup dengan rangkaian acara rapat paripurna DPRD OKI.

Bupati OKI melalui Asisten I Setda OKI H. Antonius Leonardo mengatakan, peringatan HUT OKI kali ini melibatkan masyarakat banyak. Mulai dari pengajian akbar hingga pasar murah.

“Kita ingin masyarakat turut merayakan dan mensyukuri,” ujar dia pada rapat pemantapan HUT OKI di Kantor Bupati OKI, Senin (2/10/2023).

Dia juga mengajak masyarakat, termasuk dunia usaha, turut menyemarakkan dengan memasang atribut-atribut HUT Kabupaten OKI ke-78 dilingkungan masing-masing. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda