Komitmen Tingkatkan Layanan, RSUD Kayuagung Raih Akreditasi Paripurna

94

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung terus berkomitmen meningkatkan layanan kepada masyarakat. Atas upaya tersebut, rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten OKI ini meraih predikat paripurna (bintang 5) dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) yang diterbitkan pada Ahad (1/10/2023) kemarin.

Akreditasi rumah sakit merupakan proses penilaian kualitas mutu pelayanan RS berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk menjamin keselamatan pasien, meningkatkan mutu pelayanan dan melindungi hak-hak pasien.

“Akreditasi RS adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit setelah dilakukan evaluasi, bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah untuk mengukur kepatuhan RS terhadap peraturan perundangan dan standar mutu, sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga keselamatan pasien,” ungkap Direktur RSUD Kayuagung, Dr. Asri, Senin (2/10/2023).

Dikatakan dia, sebelumnya rumah sakit tipe C ini telah melaksanakan akreditasi RS pada tanggal 15, 20 dan 21 September 2023 lalu. Kegiatan itu melibatkan tim surveior dari LARS DHP yang melakukan penilaian dengan menggunakan instrumen akreditasi meliputi aspek-aspek pelayanan rumah sakit, seperti manajemen, sumber daya manusia, sarana prasarana, rekam medis, farmasi, laboratorium, radiologi, gizi dan lainnya.

“Hasil akreditasi menunjukkan RSUD Kayuagung memenuhi semua standar yang ditetapkan berdasarkan standar akreditasi rumah sakit Kementerian Kesehatan,” terangnya.

Asri menambahkan, akreditasi paripurna merupakan komitmen Bupati dan Wakil Bupati OKI dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bumi Bende Seguguk.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta Kepala Dinas OKI yang terus mendukung kami dalam proses akreditasi ini. Juga terima kasih kepada tim surveior LARS DHP yang telah memberikan masukan dan saran untuk kemajuan RSUD OKI,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan akreditasi paripurna ini, RSUD Kayuagung akan terus berbenah berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat. Pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan standar akreditasi.

“Akreditasi paripurna ini bukan hanya di atas kertas, namun harus terimplementasi di dalam pelayanan sehari-hari. Kami juga akan terus berinovasi dan mengembangkan layanan-layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” singkatnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda