PGIS Lamsel Rayakan Natal di GWH, Ini Pesan Nanang Ermanto Untuk Umat Kristiani

146

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Setempat (PGIS) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mengadakan perayaan Natal tahun 2019 yang dipusatkan di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda, Jumat (27/12/2019).

Hadir dalam acara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Suptiyanto, S.Sos, MM mewakili Plt Bupati Lampung Selatan, dan Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav. Robinson Octovianus Bessie.

Dalam perayaan tersebut turut dihadiri juga perwakilan anggota Forkopimda Lampung Selatan, Pembimas Kristen Provinsi Lampung Saroli Waruwu, Kepala Dinas Kesehatan dan Kabag BMSK Pemkab Lampung Selatan, FKUB Lampung Selatan, serta tokoh lintas agama lainnya.

Menyampaikan amanat Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto mengatakan, momentum perayaan Natal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk membentuk kerukunan antar umat beragama.

Sebab, kata dia, kerukunan antar umat beragama sangatlah dibutuhkan dalam situasi saat ini. Dimana banyak sekali permasalahan yang menimbulkan gesekan negatif yang dapat menciptakan perpecahan antar umat beragama.

“Untuk itu saya mengharapkan melalui perayaan Natal ini dapat menciptakan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan kerukunan antar agama. Karena dalam situasi yang kondusif, semua aktifitas masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan dapat berjalan dengan baik,” ujar Supriyanto.

Lebih lanjut Supriyanto menyampaikan, melalui semangat perayaan Natal 2019, kiranya akan dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Lampung Selatan.

Dalam kesempatan itu, Supriyanto juga berpesan agar umat kristiani bersama-sama untuk tetap memelihara situasi dan kondisi masyarakat yang harmonis, dan selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan serta meningkatkan rasa kekeluargaan di tengah masyarakat. Selanjutnya, umat kristiani juga dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi dan mudah diadu domba oleh hasutan-hasutan yang tidak bertanggung jawab, apalagi yang mengatasnamakan suku, agama dan ras.

“Marilah kita satukan langkah dan pemikiran kita guna mempercepat laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi daerah, menuju kondisi masyarakat ke arah yang lebih baik, sehingga masyarakat akan dapat merasakan manfaatnya,” kata dia.

Sementara, Pembimas Kristen Provinsi Lampung Saroli Waruwu juga menghimbau kepada umat kristiani untuk selalu menjaga kerukunan dengan umat beragama lain.

“Kita bersyukur semua perayaan Natal di wilayah Provinsi Lampung semuanya berjalan dengan lancar. Dan saya juga bangga setiap tahun hadir di Lampung Selatan, perayaan Natal disini selalu dihadiri oleh pemerintah daerah,” tutur Saroli Waruwu.

Sedangkan, Ketua Panitia Perayaan Natal PGIS Lampung Selatan, Dewi Robinson melaporkan, perayaan Natal tersebut dapat terlaksana atas kerjasama gereja-gereja yang tergabung dalam wadah PGIS Kabupaten Lampung Selatan.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan rasa terima kasih kepada Plt Bupati dan anggota Forkopimda Lampung Selatan serta semua pihak yang telah membantu, sehingga perayaan Natal ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” tutur Dewi Robinson.

Istri Dandim 0421 Lampung Selatan ini menambahkan, tema perayaan Natal 2019 yaitu ‘Hiduplah Menjadi Sahabat Bagi Semua Orang’ dengan sub tema ‘Dengan Natal Kita Tingkatan Kerukunan dan Persahabatan Untuk Membangun Lampung Selatan yang Sejahtera’.

“Melalui perayaan Natal ini, saya mengajak seluruh umat kristiani di Lampung Selatan untuk meningkatkan kerukunan dan persahabatan serta toleransi antar umat beragama. Mari kita wujudkan dengan tindakan, perbuatan dan kebersamaan kita,” kata Dewi.

Adapun puncak perayaan Natal di Kabupaten Lampung Selatan tersebut ditandai dengan penyalaan 17 lilin persaudaraan yang diawali oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Dandim 0421 Lampung Selatan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda