Pemkot Sidimpuan Terima DIPA dan TKDD Secara Virtual

17

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Pemkot Padangsidimpuan mengikuti acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan buku daftar alokasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun 2021 dengan Presiden Joko Widodo melalui video conference, Rabu (25/11/2020).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Presiden RI didampingi Wakil Presiden RI dan Menkeu menyerahkan DIPA dan daftar alokasi TKDD 2021 di Istana Negara, Jakarta, secara simbolis maupun virtual kepada beberapa pimpinan kementerian / lembaga (K/L).

Penyampaian daftar secara lebih awal merupakan komitmen pemerintah untuk melakukan akselerasi pemulihan ekonomi dan transformasi ekonomi lebih cepat. Upaya ini merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia tetap produktif di masa pandemi Covid-19.

Disampaikan, total keseluruhan belanja negara tahun 2021 sebesar Rp 2.750 triliun. Rp1.032 triliun dialokasikan kepada 87 K/L yang DIPA-nya diserahkan secara simbolis kepada delapan pimpinan K/L. Selain itu, Rp 795,5 triliun merupakan anggaran TKDD yang daftar alokasinya diserahkan kepada para gubernur.

Tahun 2020 adalah tahun yang sangat berat. Pandemi Covid-19 yang awalnya merupakan permasalahan kesehatan, secara cepat merambat menjadi pemicu permasalahan ekonomi, baik di sisi supply maupun demand secara bersamaan.

Dalam menghadapi pandemi dan dampak yang ditimbulkan, sinergi dari seluruh komponen bangsa sangat dibutuhkan, K/L dan pemda harus bahu membahu bekerjasama sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing untuk memastikan APBN tetap mampu mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menyebutkan, DIPA K/L dan daftar alokasi TKDD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif.

“Semua itu tiada lain bertujuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Padangsidimpuan,” sebut Irsan kepada wartawan usai mengikuti video conference bersama Wakil Walikota. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda