Kejari Padangsidimpuan Inginkan SMSI Tangkal Hoax

155

PADANGSIDIMPUAN, BERITAANDA – Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Dr. Lambok MJ Sidabutar SH MH berharap Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mampu tangkal hoax.

Harapan itu disampaikan Kajari melalui Kasi Intel Yunius Zega SH MH saat menerima audiensi Ketua Mandataris SMSI Khairul Arief didampingi pengurus, di ruang kerjanya, Rabu (8/11/2023).

“Rekan yang tergabung di SMSI harus hadirkan informasi yang kredibel, terpercaya, teruji, yang didukung data dan fakta yang ada. Dengan itu, SMSI akan menjadi sumber referensi,” katanya.

Yunius menginginkan, kecepatan media online dalam menyajikan berita atau info tidak lantas mengesampingkan kode etik jurnalistik. Hal itu harus menjadi pegangan bagi pengurus SMSI.

“Jangan karena mengejar viewer berita, rekan jurnalis yang tergabung di SMSI justru abaikan kaidah itu. Hindari, karena itulah yang menjadi pembeda dengan media sosial,” ujar Kasi Intel.

Ia memandang, perkembangan teknologi dan informasi di era digital ini, telah menghadirkan beragam fenomena, seperti pergeseran sosial yang melibatkan media arus utama serta para pembuat opini.

“Pada saat itu, fakta harus berkontestasi dengan hoax dan kebohongan agar dapat dipercaya oleh publik. SMSI harus berperan sediakan informasi kebenaran yang dibutuhkan publik,” tandasnya.

Selanjutnya, Kasi Intel mengaku menyambut baik atas kehadiran SMSI di Kota Padangsidimpuan. Yunius pun menyatakan pihaknya siap bersinergi serta berkolaborasi dengan SMSI ke depannya.

Sementara itu, Ketua Mandataris SMSI mengaku menyambut positif masukan maupun saran dari Kasi Intel. Serta berterimakasih telah menerima kehadiran pengurus SMSI Padangsidimpuan.

“Terimakasih atas sumbang sarannya. Ini awal yang baik dalam membangun sinergitas antara SMSI dengan Kejari Padangsidimpuan. Tentu kami sangat terbuka dengan berbagai masukan demi mutu jurnalisme,” ungkap Khairul Arief.

Arief, sapaan akrabnya, menyebut bahwa SMSI bukan hanya milik satu kelompok saja. Namun, milik semua masyarakat maupun pemangku kepentingan termasuk di Padangsidimpuan.

Mengingat bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan mengadakan pelantikan Pengurus SMSI Kota Padangsidimpuan, Arief lantas meminta kesediaan Kajari dan jajaran hadir di hajatan itu.

“Kiranya, bapak Kajari maupun bapak Kasi Intel dan jajaran, berkenan hadir pada pelantikan kami nanti. Sebab, kehadiran bapak sekalian menjadi satu kehormatan tersendiri bagi kami,” ujarnya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda