Karang Taruna Tapanuli Selatan Bagikan Masker dan Takjil

84
Ketua Karang Taruna Tapsel Ahmad Bangun Ritonga tampak memasangkan masker kepada pengguna jalan yang melintas di Jalinsum Sipirok-Taput.

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Karang Taruna Tapanuli Selatan (Tapsel) adakan aksi sosial dengan membagikan masker dan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan yang melintas di depan Alun-alun Sipirok, Kamis (6/5).

“Masker yang kita bagikan merupakan atensi dari Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, untuk didistribusikan di daerah,” ujar Ketua Karang Taruna Tapsel Ahmad Bangun Ritonga, ketika ditemui awak media ini di sela kegiatan.

Menurutnya, Karang Taruna punya tanggung jawab moral mendukung setiap program maupun gerakan pemerintah yang bersinggungan dengan masyarakat luas, khususnya dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita ketahui, pemerintah kini tengah gencar-gencarnya mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan tentang pencegahan penyebaran Covid-19. Dari pada itu, kita (Karang Taruna) pun mengambil peranan,” tuturnya.

Karang Taruna Tapsel, kata Barito sapaan akrab Ahmad Bangun, menekankan kepada seluruh pengurus di semua tingkatan mulai dari kabupaten, kecamatan, hingga desa dan kelurahan harus bisa jadi contoh bagi masyarakat.

“Dimana setiap insan Karang Taruna itu tampil sebagai pelopor, bahkan berada di garda terdepan untuk memberi edukasi akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan bagi masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Menekankan masyarakat kita untuk memenuhi protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi, yang oleh pemerintah digaungkan dengan 5M.

Disamping itu, sambung Barito, di bulan suci Ramadhan ini, pihaknya juga mengambil peran berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, terkhusus yang menjalankan ibadah puasa dengan pemberian paket takjil secara cuma-cuma.

“Jika nantinya adzan berkumandang dan mereka masih berada di tengah perjalanan, maka dengan takjil tersebut berbuka puasa mereka tetap terasa nikmat. Harapannya, kita mendapat barokah dengan aksi tersebut,” harapnya.

Aksi sosial Karang Taruna Tapsel ini disambut baik oleh Marlan, salah satu warga yang melintas di lokasi. “Patut diapresiasi. Adik-adik Karang Taruna juga mengingatkan kita akan pentingnya menggunakan masker,” singkatnya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda