Gubernur Arinal Djunaidi Buka MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021

17

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, di Islamic Centre Provinsi Lampung, Jumat (26/11) malam.

MTQ ke-48 ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 sampai dengan 01 Desember 2021 di Komplek Islamic Center Rajabasa, Bandarlampung.

Adapun peserta MTQ berjumlah 594 peserta. Dewan hakim berjumlah 114 orang dan pengawas 11 orang.

Menurut Gubernur Arinal, MTQ merupakan kegiatan tradisi umat Islam yang kehadirannya sangat ditunggu.

“Selain sebagai ajang kompetisi, MTQ juga sebagai wahana silaturahmi dan sharing para pencinta Al-Quran dalam pengembangan pembacaan Alquran, penghafalan, penulisan, pemahaman, penafsiran, dan penyebaran isi kandungan Alquran,” ujar Gubernur Arinal.

Diharapkan, MTQ ini dapat memberikan kedamaian dan kesejukan bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan, bahkan kelurahan untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Alquran.

“Demikian pula pembinaannya harus terus digerakkan sepanjang tahun dengan revitalisasi Kantor LPTQ se-Provinsi Lampung. Melalui LPTQ juga saya berharap program Lampung Mengaji dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 MTQ/STQ Nasional tetap diselenggarakan meskipun dengan penyesuaian protokol pelaksanaan. MTQ Nasional tahun 2020 dilaksanakan di Padang Sumatera Barat dan STQ Nasional di Maluku Utara.

“Provinsi Lampung meskipun gagal menyelenggarakan MTQ ke-48 tahun 2020 di kabupaten Pringsewu dan menundanya hingga selesai STQ Nasional 2021 lalu. Dan Alhamdulillah malam ini MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 dapat kita selenggarakan dengan protokol kesehatan ketat dan pembatasan jumlah kehadiran,” ujarnya.

Meskipun dilaksanakan dengan penyesuaian dan penyederhanaan pola kegiatan, Gubernur Arinal berharap penyelenggaraan MTQ tetap berkualitas dan melahirkan qori/qoriah, hafizh/hafizhah dan peserta MTQ yang handal yang siap bersaing pada MTQ Nasional tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan mendatang, dan event-event nasional lainnya bahkan Internasional. Tentunya dengan pembinaan yang berkesinambungan pasca MTQ tingkat Provinsi Lampung ini.

“Saya juga berharap penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Lampung setiap tahunnya dilaksanakan setelah MTQ/STQ nasional seperti saat ini, agar kita memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pembinaan pasca MTQ Provinsi sebelum dikirim ke tingkat nasional dan memberikan kesempatan LPTQ kabupaten/Kota, Kecamatan bahkan Kelurahan, menyelenggarakan MTQ supaya Lampung menjadi lumbung qori, hafizh, mufassir, kaligrafer, penulis dan pendakwah Alquran,” ujarnya.

Lebih dari itu, Gubernur mengajak berbagai pihak untuk terus bersinergi membangun kejayaan Lampung dalam pembinaan pemahaman dan pengamalan ajaran agama untuk memastikan Lampung yang aman, berbudaya, maju dan berdaya saing dan sejahtera.

Kepada seluruh peserta, Gubernur Arinal mengucapkan selamat Bermusabaqah. Berkompetisilah secara sportif demi kemuliaan Alquran.

“Junjung tinggi akhlaq Qurani agar MTQ menghasilkan peserta yang berkualitas dan dapat bersaing pada MTQ Nasional tahun 2022 mendatang. Saya yakin MTQ akan mendatangkan berkah bagi bumi Lampung yang kita cintai ini,” ujarnya.

Kepada seluruh Dewan Hakim dan Pengawas, Gubernur mengucapkan Slselamat bertugas. “Bertugaslah dengan jujur, adil dan amanah. Berikan penilaian dengan objektif,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPTQ Provinsi Lampung, Qudrotul Ikhwan menjelaskan bahwa MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 ini mengambil tema ‘Bersinergi Membangun Generasi Qurani dan Berprestasi Dengan Semangat Ukhuwah Islamiyah Menuju Masyarakat Lampung Berjaya’.

Pelaksanaan MTQ ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan  budaya literasi Alquran, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur ajaran Alquran.

Adapun tujuan diselenggarakannya MTQ, jelas Qudrotul, diantaranya yaitu melakukan pembinaan dan pemetaan kualitas pembacaan, pemahaman dan pengamalan Alquran, meningkatkan gema Alquran dan syiar Islam, meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui jalinan budaya baca tulis Alquran serta pemahaman isi dan kandungan Alquran mempersiapkan Kafilah Provinsi Lampung pada MTQ Nasional ke- 29 di Kalimantan Selatan mendatang. [Katharina Yanuarti]

Bagaimana Menurut Anda