Gubernur Arinal Buka Musrenbang Peternakan dan Keswan Tahun Anggaran 2024

10

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) peternakan dan kesehatan hewan (keswan) tahun anggaran 2024, berlangsung di Hotel Grand Mercure Bandar Lampung, Kamis (18/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal mengajak semua pihak bahu membahu meningkatkan kerja sama dan koordinasi, sehingga menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak nasional.

“Keberhasilan pembangunan peternakan Lampung sangat erat kaitannya dengan keikutsertaan, dukungan dan peran aktif semua pihak. Mari bersama bahu membahu meningkatkan kerja sama dan koordinasi, sehingga menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak nasional dan rakyat Lampung berjaya,” ujar Gubernur.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa program Pemerintah Provinsi Lampung mewujudkan visi rakyat Lampung berjaya, sub sektor peternakan yang tertuang dalam misi kelima yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

Untuk mewujudkan misi tersebut, jelas Gubernur Arinal, ada beberapa program sektor pertanian yang ada dalam janji kerja pihaknya, diantaranya meningkatkan produktivitas dan nilai tambah ekonomi untuk komoditas tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan hutan kemasyarakatan melalui program subsidi, insentif, fasilitasi pemasaran, fasilitasi permodalan, fasilitasi inovasi dan teknologi produksi, penyediaan saprodi dan alsintan.

Gubernur Arinal menuturkan bahwa musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan forum musyawarah agenda tahunan dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan tahun anggaran 2025 di wilayah Provinsi Lampung.

“Berdasarkan data BPS, PDRB Provinsi Lampung dari sektor pertanian berdasarkan harga berlaku pada tahun 2023 adalah Rp 122,5 triliun, meningkat Rp 7,1 triliun dari tahun 2022,” ujarnya.

Gubernur Arinal berharap melalui musrenbang ini dapat menghasilkan daftar prioritas kegiatan yang paling dibutuhkan oleh kabupaten/kota serta sejalan dengan tema pembangunan Provinsi Lampung tahun anggaran 2025. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda