GKR Mangkubumi Serahkan Bantuan 372 Stel Seragam Pramuka Untuk Korban Tsunami Selat Sunda Lamsel

18

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Pjs. Ketua Majelis Pembina Cabang Kabupaten Lampung Selatan Drs. H. Sulpakar, MM sambut baik kunjungan kerja Wakil Ketua Kwarnas, Kak GKR Mangkubumi, dan Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Ahmad Rusdi, di aula Rajabasa kantor bupati setempat, Kamis (5/11/2020).

Dalam kunjungan kerja tersebut sebanyak 372 bantuan pakaian seragam Pramuka diberikan kepada korban bencana tsunami Selat Sunda di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2018 lalu.

Dalam Sambutannya, Pjs. Ketua Majelis Pembina Cabang Kabupaten Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama-sama dengan pemerintah pusat dibantu oleh para relawan dan organisasi kemanusiaan lainnya telah melakukan beberapa langkah konkrit dalam relokasi pasca bencana tsunami akhir Desember 2018 lalu.

“Bencana tsunami yang menerpa Kabupaten Lampung Selatan bulan Desember 2018 lalu telah mengakibatkan banyak kerusakan baik ringan maupun berat, termasuk kerusakan pada gedung sekolah, rumah ibadah dan rumah tinggal warga masyarakat,” ucapnya.

“Pemerintah pusat dibantu oleh para relawan dan organisasi kemanusiaan lainnya telah melakukan beberapa langkah konkrit dalam relokasi pasca bencana tsunami akhir Desember 2018 lalu, diantaranya, rehabilitasi bangunan rumah rusak ringan sebesar Rp 15.000.000, rehabilitasi bangunan rumah rusak berat sebesar Rp 50.000.000,rekonstruksi dan rehabilitasi rumah warga yang rata dengan tanah akan dibangun kembali, tetapi lokasi bangunannya akan ditempatkan di lokasi yang baru yang lebih aman,” sambungnya.

“Saya selaku Pjs. Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan terimakasih atas pemberian bantuan pakaian seragam Pramuka ini. Saya yakin bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi adik-adik kita anggota Pramuka, baik di tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak yang menjadi korban dari bencana tsunami Selat Sunda dua tahun lalu,” katanya.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Ketua Kwarnas, Kak GKR Mangkubumi mengatakan, sehubungan dengan kejadian letusan gunung anak Krakatau dan tsunami pada akhir Desember 2018 lalu, pihaknya telah menerima donasi dari Pramuka lnggris, untuk disalurkan dalam bentuk bantuan pakaian seragam Pramuka kepada anggota yang menjadi korban pada kejadian bencana tersebut di wilayah Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten dan Lampung Selatan.

“Adapun penyerahan bantuan yang dimaksud diserahkan kepada Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten yang telah diserahkan Rabu, 4 November 2020 kemarin. Dan hari ini, diserahkan sebanyak 372 stel seragam Pramuka siaga, Penggalang dan Penegak,” ujar Kak GKR Mangkubumi. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda