Embung Konservasi Kayuagung Dicanangkan Sebagai Kawasan Wisata Baru di OKI

102
Penandatanganan prasasti.

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Embung Konservasi Kayuagung yang berada Kelurahan Cintaraja Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dicanangkan sebagai kawasan wisata oleh Bupati OKI H. Iskandar SE.

Pencanangan kawasan wisata ini ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati OKI H. Iskandar SE dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Ir. Birendrajana MT, Rabu (20/1).

Dalam laporannya, Birendrajana mengatakan, Embung Konservasi Kayuagung ini seluas 2 hektare yang mampu menampung 40 ribu kubik air, kemudian dibuat alur sepanjang 2,9 kilometer untuk mengalirkan air ke sungai.

“Kita ada dua pak, yang sebelah sini satu hektare dan yang sebelahnya satu hektare,” kata dia.

Pembangunan embung ini didanai melalui APBN dengan dua tahun anggaran, yakni tahun 2019 dan 2020 dengan total anggaran mencapai hampir Rp 30 miliar.

Meskipun secara fisik embung ini sudah selesai, namun sejumlah fasilitas masih kurang diantaranya, penerangan dan tempat sampah dan pagar yang belum seluruhnya tertutup. “Kita berharap pemkab dapat melengkapi hal tersebut, sehingga beberapa kekurangan bisa teratasi,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak semua pihak untuk menjaga embung ini agar tetap selalu bersih dan terawat, sebab yang saat ini harus diperhatikan adalah tumbuhnya gulma, dan masuknya sampah rumah tangga ke dalam embung yang harus dibersihkan secara berkala.

Sementara itu Bupati OKI Iskandar mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui pihak Balai atas telah direalisasikannya usulan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang telah disampaikan sejak beberapa tahun lalu.

“Kami ucapkan terima kasih atas telah direalisasikannya pembangunan embung ini. Ini adalah perjuangan bersama,” ujar Iskandar.

Terkait dengan kekurangan sarana penerangan dan fasilitas lainnya, bupati langsung menyanggupi dan memerintahkan instansi terkait untuk segera melakukan koordinasi untuk melengkapi sarana pendukung, termasuk fasilitas UMKM.

“Saat ini sudah ada fasilitas jogging track, nanti akan kita lengkapi dengan fasilitas lainnya. Kalau tidak memungkinkan untuk anggaran induk 2021, maka akan dianggarkan melalui anggaran perubahan,” tukasnya.

Usai dilakukan penggutingan pita dan penandatanganan prasasti, diteruskan dengan peninjauan embung konservasi, penanaman pohon, dan pelepasan bibit ikan lele di dalam embung.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati OKI HM. Djafar Shodiq, Ketua DPRD OKI Abdiyanto SH MH, Dandim 0402 OKI Letkol Zamroni, Wakapolres OKI Kompol Yudha Widyatama, Ketua PN Kayuagung Eddy Daulatta Sembiring SH MH, Sekda OKI H. Husin serta jajaran OPD dalam lingkup Pemkab OKI. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda