Dokter Reihana: Daerah Zona Hijau Boleh Buka Sekolah

106

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Lampung sekaligus Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dokter Reihana menjelaskan bahwa jumlah ODP saat ini ada 3.538 orang, dengan rincian selesai dipantau 3.480 orang, masih dipantau 49 orang dan yang meninggal 9 orang.

Sementara untuk PDP jumlahnya ada 171, dengan rincian yang masih menjalani isolasi diberbagai RS rujukan ada 8 orang, sembuh 133 dan meninggal 30 orang. Kemudian jumlah terkonfirmasi positif saat ini 191, dengan rincian sedang menjalani isolasi diberbagai RS di Lampung ada 28 orang, meninggal 12 orang dan yang sembuh 151 orang.

“Ada tambahan pasien terkonfirmasi positif masing-masing pasien nomor 191 berjenis kelamin laki-laki (44) asal Lampung Tengah (tidak ada riwayat perjalanan), saat ini sedang menjalani isolasi di salah satu RS swasta. Kemudian pasien nomor 172 berjenis kelamin perempuan (34) asal Bandar Lampung,” kata dokter Reihana saat konpers terkait perkembangan terkini Covid-19 di Lampung, Rabu (1/7/2020).

Reihana juga menerangkan jumlah pemeriksaan swab yang sudah dilakukan oleh 2 PCR yang ada di Labkesda dan RSU Abdul Moeloek, serta PCM3 yang ada di RS Pringsewu, RS A.Yani Metro dan RS Menggala di Tulangbawang sejak 14 Mei sampai dengan 30 Juni adalah 2.483 swab, jumlah positif 168 swab. Sedangkan untuk tanggal 30 Juni saja jumlah swab yang diperiksa 125. Swab yang positif jumlahnya 1.

Selanjutnya Reihana menjelaskan bahwa untuk tahapan new normal, Provinsi Lampung saat ini sedang menyiapkan tahap pra kondisi, dimana kita harus melakukan persiapan SOP bagi tempat-tempat atau sarana yang akan kita buka. Sebelumnya telah kita lakukan sosialisasi.

Terkait program belajar mengajar (sekolah) yang akan diberlakukan, Reihana menegaskan bahwa hanya daerah zona hijau yang diperkenankan, yakni Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji. Harus tetap pakai protokol kesehatan.

“Untuk protokol kesehatan, semua sekolah harus menyiapkan sendiri lalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda