Di Hari Jadi ke-16, Soekirman Menyebut Sergai Panen Prestasi

161

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke-16 tahun 2020, pemerintah daerah setempat menyelenggarakan rapat paripurna istimewa DPRD, bertempat di gedung dewan Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Selasa (7/1/2020).

Bupati Ir. H Soekirman menyebutkan, selama tahun 2019 Kabupaten Sergai panen prestasi dari berbagai bidang. Sebut saja apresiasi dan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dengan predikat B dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB). Lalu Sergai juga meraih piagam tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI, sampai yang terbaru menerima penghargaan daerah tertib ukur yang diberikan langsung dari Menteri Perdagangan RI.

“Pada perayaan HUT kemarin, Kabupaten Sergai juga memecahkan rekor MURI untuk jumlah peserta makan nasi ambeng dengan tema ‘isi piringku’ terbanyak se-Indonesia, bahkan dunia,” kata bupati.

“Agar segenap pihak menjaga kekondusifan selama tahun 2020 yang merupakan tahun politik, sehingga seluruh proses yang ada dapat berjalan lancar dan mampu menghasilkan pemimpin yang bisa melanjutkan kemajuan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera. Kita juga berharap tahun politik ini juga dapat menghasilkan pemimpin yang mampu mengemban amanah rakyat Sergai,” tambah dia.

Dalam perjalanannya dari tahun 2004 sampai 2020, perkembangan Sergai sangat signifikan. Hal ini, ungkap bupati, ditandai dengan pembangunan ruas-ruas jalan tol yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Perbaungan, Pegajahan, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Sei Bamban, Tebing Tinggi Dolok Merawan dan Dolok Masihul.

“Perkembangan ini diharapkan memiliki peran strategis terhadap roda perekonomian di Sergai,” pungkas Soekirman dengan optimistis.

Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. Rizki Ramadhan Hasibuan SH, SE juga ikut menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada orang-orang tua, seluruh tokoh pemekaran Kabupaten Sergai yang telah berjuang dengan sunguh-sungguh dan tanpa pamrih sehingga dapat memekarkan kabupaten ini 16 tahun yang lalu.

“Untuk memberi rasa hormat kepada pada tokoh pemekaran, mari kita bersama memberi aplaus kepada tokoh pemekaran ini,” seru Rizki yang disambut tepuk tangan riuh hadirin dan para undangan.

Tentunya rakyat Sergai telah merasakan dan melihat manfaat pembangunan Kabupaten Sergai. Ia juga berharap kepada para pemuda dan organisasi kepemudaan agar terus berperan aktif serta kreatif di tengah-tengah masyarakat agar menciptakan suasana yang kondusif.

“Kami juga harap pemuda sebagai penerus generasi dan pelopor pembangunan dapat turut serta sebagai benteng terdepan untuk memerangi narkoba yang telah meracuni banyak generasi bangsa. Sebab, di tangan pemuda jugalah masa depan negara ini dan secara khusus masa depan Sergai bergantung,” tegas dia.

Sementara Gubernur Provinsi Sumatera Utara Eddy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Provsu H. Agus Tripriyono, mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Sergai yang ke-16 pada tahun ini. Mari jadikan momentum hari ini sebagai sarana introspeksi serta semangat menumbuhkan kebersamaan dengan menitikberatkan pada program membangun desa dan menata desa.

“Dan meminta hendaknya seluruh pihak terkait dapat merangkul masyarakat guna mensejahterakan Sergai, sehingga nantinya dapat mendukung terwujudnya masyarakat Sumut yang berkarakter, aman dan bermartabat,” jelas dia.

“Saya juga berharap dengan pembangunan yang telah dilaksanakan seperti jalan tol trans Sumatera dapat kiranya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dengan mempercepat arus transportasi barang maupun orang, guna mencapai tujuan. Namun begitu, tentu ada dampak negatifnya, sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat melahirkan inovasi agar dapat meminimalisir dampak negatif tersebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda