Dankormar: Marinir Harus Mempunyai Kemampuan Ekspedisioner dan Multirole

283

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Korps Marinir dituntut untuk menyiapkan satuan-satuan dengan kemampuan ekspedisioner dan multirole, yaitu satuan dengan kesiap-siagaan yang tinggi dan selalu siap di deploy ke seluruh wilayah, baik dalam negeri maupun luar negeri dalam mengemban dan melaksanakan setiap tugas, baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Kalimat tersebut diucapkan Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) di tengah hujan deras saat upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS, bertempat di lapangan apel Brigif 4 Marinir/BS, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Kamis (13/2/2020).

Jabatan Danbrigif 4 Marinir/BS diserahterimakan dari Kolonel Marinir Ahmad Fajar kepada Kolonel Marinir Nawawi, SE MM. Kemudian, Kolonel Marinir Ahmad Fajar akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar).

Upacara sertijab tersebut diikuti oleh empat Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari berbagai kesatuan Brigif 4 Marinir/BS yang terdiri dari Batalyon Infanteri-7 Marinir, Batalyon Infanteri-8 Marinir, Batalyon Infanteri-9 Marinir dan Batalyon Infanteri-10 Marinir, dipimpin satu komando komandan upacara Letkol Marinir Alim Firdaus, SH M.Tr (Hanla) yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 10 Marinir.

Dalam amanatnya, Komandan Korps Marinir menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan proses pembinaan personel dan regenerasi kepemimpinan yang berkesinambungan dalam suatu manajemen organisasi.

“Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengembangkan kemampuan manajerial, memperluas wawasan, memperkaya pengalaman dan memantapkan kualitas kepemimpinan secara dinamis melalui tour of duty dan tour of area,” jelas dia.

Suhartono kembali mengatakan, bahwa Brigif 4 Marinir BS sebagai komando pelaksana Korps Marinir harus mampu merespon dengan cepat tugas-tugas Korps Marinir sebagai kotama operasi TNI dan kotama pembinaan TNI AL, sebagaimana yang diamanatkan oleh Perpres No.66 Tahun 2019 dan Perpang TNI No.49 Tahun 2019.

Lebih lanjut ia menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar atas Dharma Bhakti dan pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS. Serta ucapkan terimakasih kepada Ibu Etti Ahmad Fajar atas segala jerih payahnya dan pengabdiannya selama memimpin organisasi Jalasenastri Cabang-7 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir.

“Saya ucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir kepada Kolonel Marinir Nawawi SE MM sebagai Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS yang baru. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman penugasan yang dimiliki kolonel akan mampu memimpin Brigif 4 Marinir/BS ke arah yang lebih baik. Dan kepada Ibu Hening Nawawi, saya ucapkan selamat, semoga ibu dapat mencurahkan waktu dan perhatian untuk membangun kebersamaan dan membantu penyelesaian permasalah keluarga dan istri prajurit Brigif 4 Mar/BS,” jelas Dankormar.

Di akhir amanatnya, Suhartono memerintahkan kepada seluruh prajurit Brigif 4 Marinir/BS agar memberikan kemampuan terbaiknya guna mendukung Kolonel Marinir Nawawi sebagai Komandan Brigif 4 Marinir/BS yang baru, sehingga dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Turut hadir dalam upacara tersebut Letnan Jenderal TNI (Mar) Purn RM. Trusono Kadispotmar Mabesal, Danpasmar 2, Wakapolda Lampung, Irkormar, para Asisten Dankormar, Dandenjaka, Dankolatmar, Danlamar Sby, Danrumkitmar Cilandak, Danrem 043/Gatam dan jajaran Forkopimda Provinsi Lampung beserta tamu undangan lainnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda