Anggota Polres PALI Bentrok dengan Ratusan Massa Aksi

89

PALI, BERITAANDA – Aparat kepolisian Resort PALI Polda Sumsel bentrok dengan ratusan massa aksi pendemo di depan kantor Mapolres setempat, Selasa (17/10/2023).

Penyebab terjadinya bentrok antara kedua belah pihak, lantaran para pendemo menerobos blokade barisan polisi yang melakukan pengamanan terhadap aksi itu. Bahkan para pendemo makin brutal dan berbuat anarkis, mereka menyandera salah satu mobil minibus dan berusaha untuk merusak kendaraan tersebut.

Pada saat petugas kepolisian Resort PALI menghalau mundur para pelaku, para aksi pendemo tersebut melakukan perlawanan, dan akhirnya bentrokan pun tak terelakkan.

Sempat terdengar suara tembakan peluru karet dan gas air mata dari pihak Polres PALI untuk memukul mundur para ratusan massa aksi yang anarkis tersebut.

Akibat dari kejadian itu, satu dari pendemo berhasil dilumpuhkan oleh petugas, dan beberapa provokator dalam aksi itu diamankan polisi.

Akhirnya para ratusan aksi demo itu berhasil dibubarkan oleh petugas Polres PALI, sehingga situasi terkendali dan kembali normal kembali.

Kejadian tersebut bukan kejadian yang sebenarnya, namun merupakan Simulasi Sispamkota Dalam Rangka Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengantisipasi terjadinya suhu politik yang memanas dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK MH menjelaskan, simulasi sistem pengamanan kota ini diselenggarakan untuk melatih aparat keamanan dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama Pemilu yang sebenarnya.

“Kegiatan ini untuk melatih aparat keamanan dalam menghadapi Pemilu 2024 nanti, artinya Polres PALI sudah siap menghadapi sesuatu yang akan terjadi,” kata Kapolres kepada wartawan.

Kegiatan simulasi sistem pengamanan kota yang menampilkan massa demonstran menolak hasil pemungutan suara, dalam sebuah aksi simulasi yang bertujuan untuk memahami cara mengelola protes dalam suasana damai,” pungkas dia. (AMD)

Bagaimana Menurut Anda