Akibat Luapan Sungai Temelat, Satlantas Polres PALI Alihkan Arus Lalulintas ke Arah Musi Rawas

20

PALI, BERITAANDA – Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) merupakan salah satu wilayah yang berbatasan dengan berbagai kabupaten, salah satunya dengan Musi Rawas Sumatera Selatan.

Hal ini juga yang membuat para pengendara roda dua dan empat banyak memilih akses jalan melintas melalui Kabupaten PALI.

Namun dikarenakan intensitas hujan cukup lebat dalam beberapa hari ini, menyebabkan meluapnya Sungai Temelat Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya di Kabupaten Musi Rawas, sehingga menyebabkan kendaraan yang hendak menuju ke Musi Rawas maupun sebaliknya, tidak bisa melalui akses jalan tersebut.

“Betul, hari ini kita mengadakan penutupan atau mengalihkan arus lalulintas menuju ke Kabupaten Musi Rawas,” buka Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Kukuh Fefrianto SH kepada awak media ini, Rabu (10/1/2024).

Langkah ini ambil, lanjut Kasat Lantas, dikarenakan setelah sebelumnya dirinya mendapat informasi dari Kapolsek BTS Ulu IPTU Jemmy Amin Gumayel SH MM bersama Kanit IK dan personel yang piket memberitahukan bahwa Sungai Temelat yang berada di Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas (simpang tiga Sukakarya) saat ini sedang mengalami banjir dengan ketinggian air ±180 cm dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Dari informasi diperoleh, Polsek BTS Ulu lalu melaksanakan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di simpang empat Kelurahan Bangun Jaya Kecamatan BTS Ulu, dan mengimbau masyarakat yang akan melintas untuk menunggu perkembangan luapan air di Kelurahan Bangun Jaya atau dapat menggunakan jalur alternatif dari simpang Kelurahan Bangun Jaya menuju ke Desa Pangkalan Tarum, lalu menuju Kecamatan Jayaloka dan Desa Lubuk Besar Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut Kabupaten Musi Rawas, kemudian melewati Jalan Lintas Tengah Sumatera menuju ke Kota Lubuklinggau.

“Kemudian kita langsung mengambil langkah mengalihkan dan menutup arus lalulintas, membuat papan imbauan kepada para pengendara bahwa akses jalan menuju Lubuklinggau untuk sementara ini ditutup, serta mensosialisasikan kondisi jalan dari Kabupaten PALI menuju Musi Rawas (simpang Semambang) tidak dapat dilalui secara masif melalui berbagai media,” urai AKP Kukuh.

Upaya ini diambil oleh Satlantas Polres PALI, dikarenakan agar pengguna jalan menuju ke Kabupaten Musi Rawas tidak terjebak luapan air sungai.

“Karena informasi terakhir yang kita terima, saat ini di Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya, air sungai telah meluap dan masuk ke rumah warga yang mengakibatkan banjir di wilayah Kecamatan Sukakarya berbatasan dengan Kecamatan BTS Ulu, sebab curah hujan yang tinggi dan menyebabkan debit aliran Sungai Musi meluap,” pungkasnya mengakhiri sesi wawancara. (RDT)

Bagaimana Menurut Anda