Warga Heboh dan Panik, Gardu Listrik di Kutaraya Kayuagung Terbakar

182

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Warga Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), khususnya yang tinggal di dekat gardu listrik 0006 yang berada di Kelurahan Kutaraya sempat heboh dan panik. Pasalnya, diduga akibat konsleting, gardu listrik itu meledak dan terbakar, Sabtu (13/8) malam.

Akibat dari gardu listrik tersebut meledak dan terbakar, hingga berpijar bak kembang api disertai suara letupan, aliran listrik di sekitar lokasi padam dan gelap gulita.

Meledaknya gardu listrik itu terjadi sekira pukul 20.25 WIB dengan begitu cepat.

“Cepat nian, mulanya ada bau seperti plastik atau karet yang terbakar, kemudian asap mengepul dan ada percikan api dari dalam gardu, membesar dan mengeluarkan pijaran lalu meledak membakar habis isi gardu,” ujar Angah, warga sekitar.

“Tak lama aliran listrik di sekitar area padam dan warga berteriak histeris berhamburan keluar rumah menuju jalan raya melihat kejadian, sembari tak lupa semua warga yang memiliki rumah segera mematikan sekring atau aliran listrik,” kata dia lagi.

Tidak terkecuali kita yang berada tepat di dekat gardu langsung berlari menjauh dari area gardu listrik yang terbakar. Lanjut dia, kami tidak bisa memikirkan apa-apa lagi, panik dan hanya memikirkan keselamatan diri.

“Karena takut saat itu, apabila api tidak segera dipadamkan dan konsleting listrik menjalar ke kabel lainnya. Warga sekitar juga langsung menghubungi pihak PLN Ranting Kayuagung dan juga satuan pemadam kebakaran Kabupaten OKI,” tandas dia.

Berkat kesiap-siagaan satuan tugas Damkar Kabupaten OKI dan PLN Ranting Kayuagung, Alhamdulillah sekira pukul 21.15 WIB api bisa dipadamkan.

Sambung dia, setelah situasi aman, tim PLN eksekusi peralatan gardu yang terbakar dan melakukan perbaikan hingga pukul 01.00 WIB dinihari.

“Akhirnya jaringan listrik di gardu 0006 Kutaraya Kayuagung pun sudah dapat berfungsi kembali. Kami warga sekitar sangat berterimakasih atas kesiap-siagaan tim PLN Kayuagung dan Damkar OKI,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda