TP PKK Desa Riding Peduli Lansia, Kali Ini Sambangi Rumah Nyek Rudap

435

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sejak menginisiasi program Rumah Cinta Lansia (RCL) sebagai salah satu kegiatan rutin. Tim Penggerak (TP) PKK Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah melakukan berbagai kegiatan. Seperti hari Selasa (4/2/2020) kemarin.

Kegiatan RCL yang merupakan program Pokja 1 dan Pokja 4 TP PKK Desa Riding dapat terlaksana dengan cukup baik dengan dibantu Dasawisma RT 01 dan 02 serta kaum milenial setempat. Dimana dilaksanakan di rumah Nyek Rudap yang berada di RT 02.

Disana, rombongan TP PKK Desa Riding hadir untuk menghibur dan menemani Nyek Rudap walau sejenak, juga membersihkan rumah layaknya seorang anak hadir di rumah orangtuanya dan makan bersama dengan lauk kesukaan Nyek Rudap.

“RCL merupakan kepedulian kami pada lansia yang hidup sendiri. Kegiatan RCL ini akan berlangsung sebulan sekali. Ada sekitar 10 rumah lansia yang akan kami kunjungi dalam tahun 2020 ini,” ungkap Ketua TP PKK Desa Riding, Hj Imas Maslihah, Kamis (6/2/2020).

Program ini tidak seperti dibayangkan kebanyakan orang, dimana isinya seperti bedah rumah. Kata dia, program RCL lebih menitikberatkan pada kenyamanan, menghibur, dan ingin menciptakan rasa kekeluargaan yang lebih dekat lagi dengan para lansia.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan santunan peduli lansia di tahun 2019. Program RCL ini adalah sebagai bentuk kecintaan serta kepedulian kami pada lansia yang hidup sendiri, terutama karena putra-putrinya sudah merantau,” ujar dia.

Namun banyak pula para lansia merasa lebih nyaman untuk hidup sendiri dan tidak mau merepotkan putra-putrinya. Masih kata dia, oleh karena itu kami (Tim PKK) memiliki kewajiban untuk memperhatikan mereka, karena para lansia adalah salah satu tanggung jawab kami.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan motivasi dan menginspirasi bagi kita semua untuk selalu menebar kebaikan dan menjadi manusia yang manfaat. Dan Insya Allah juga akan melibatkan PKK, Dawis, bujang gadis dan komunitas anak muda motor Beat Bebiluk Desa Riding,” tandas dia.

Selain kegiatan diisi bersih – bersih rumah lansia yang tinggal sendirian dan makan bersama dengan lauk kesukaannya, lanjut dia, kegiatan peduli lansia yang telah dilakukan PKK Desa Riding lainnya yaitu senam bugar lansia, santunan peduli lansia berupa pemberian sembako.

“Juga pemberdayaan lansia melalui kegiatan kerajinan purun untuk menciptakan lansia yang aktif, produktif dan mandiri dan Posyandu Lansia, dilakukan berkala bersama Puskesmas Pangkalan Lampam,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda