Tim Kecamatan Sungai Kanan Labusel Studi Tiru ke Desa Melati II Perbaungan

323

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Desa (Pemdes) Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sambut kedatangan Tim Kecamatan Sungai Kanan Pemkab Labuhan Batu Selatan (Labusel) saat mengadakan studi tiru desa wisata tani, dalam rangka pengembangan desa wisata melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), bertempat di aula Kantor Desa Melati II, Jumat (28/2/2020).

Kedatangan mereka yang berjumlah 20 orang tersebut, beserta 6 orang kepala desa (kades), Kasi PMD dan Pendamping Desa, serta para staf Kecamatan Sungai Kanan Labusel yang dipimpin oleh Camat Sungai Kanan Syarifah Hafni, SH MM.

Bersilaturahmi sembari studi tiru serta ingin meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pengembangan desa wisata dan manajemen BUMDes Madani Desa Melati II tersebut, mereka juga ingin memahami tentang strategi pengembangan desa wisata yang dikelola oleh BUMDes.

Supardi selaku Kades Melati II memaparkan tentang profil desanya beserta 5 spot unggulan desa.

Ia menyebutkan, Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) dari Kementerian Desa (Kemendes) yang dilaksanakan di Desa Melati II antara lain program/kegiatan fasilitas yang mendorong pengembangan produk unggulan desa melalui kemitraan kelompok usaha pedesaan, lembaga ekonomi desa BUMDes dan Koperasi Sera pelaku bisnis, yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Sementara Direktur BUMDes Madani Mhd Safrizal yang juga Inkubator Desa Melati II program PIID-PEL memaparkan tentang BUMDes Madani yang juga mengelola pasar desa, menjalankan desa wisata tani, potensi desa, produk unggulan desa, dan kearifan lokal.

“Kita harus berinovasi dengan satu untuk semua, dan semua untuk satu harus bekerja sama, serta tidak saling menyakiti demi terwujudnya desa mandiri melalui BUMDes,” tegas dia.

Camat Syarifah Hafni sangat mengapresiasi atas program yang telah dilaksanakan oleh Desa Melati II. Beliau akan menerapkan di 8 desa dalam Kecamatan Sungai Kanan.

“Semoga dengan kedatangan kami pada studi tiru di Desa Melati II ini bisa menjadi inspirasi untuk program BUMDes di Kabupaten Labusel, khususnya di Kecamatan Sungai Kanan,” pungkas dia.

Sebelum mereka kembali ke Labusel, juga berkunjung ke wisata tani Panteng Kleset, edukasi wisata budaya Palungguhan To Joyo serta ke peternakan kambing etawa. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda