Tim Gabungan Razia Kendaraan Odol di Gerbang Tol Celikah, Sanksi Tilang Menanti

1256

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tertibkan kendaraan over dimensi dan over load (odol) melintas di jalan tol, Hutama Karya (HK) bekerjasama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan pihak kepolisian menggelar razia di gerbang tol Celikah, Kayuagung, Selasa (18/2/2020) pagi.

Kepala Bagian Operasi Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung (Terpeka), Mudjiono mengatakan, beberapa waktu lalu kita juga telah melakukan operasi odol di wilayah Lampung. Dan razia kali ini merupakan lanjutan dari hal tersebut.

“Dari razia ini, para pengendara yang melanggar akan langsung dikenakan sanksi tilang. Seperti waktu di wilayah Lampung, ada lumayan banyak yang dikenakan sanksi tilang,” katanya.

Menurut dia, razia ini rencananya akan diagendakan setiap bulan di titik-titik yang berbeda. Karena menurutnya, berdasarkan catatan kami, total kendaraan yang lalu-lalang di ruas tol ini rata-rata 10.000 kendaraan per hari.

Ditambahkan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel, Rudi Irawan, bahwa sebenarnya untuk pengendara yang melanggar bukan hanya diberikan sanksi tilang. Tapi juga bisa disuruh memutar balik atau memindahkan muatannya ke kendaraan lain.

“Jadi hari ini kita ngambil sampel saja dulu, tapi tetap diberikan sanksi tilang untuk yang sudah masuk dan hendak keluar serta ada juga yang disuruh putar balik. Diharapkan dengan razia ini bisa lebih menertibkan kendaraan yang melintas di ruas tol,” tandasnya.

Kabid DalOps Dishub OKI, Mopul Aruan mengatakan, untuk keselamatan, mungkin tidak hanya bagi kendaraan yang melintas di ruas jalan tol. Kedepan, akan kita upayakan berkoordinasi dengan BPTD dan kepolisian juga digelar di jalan alteri, seperti kegiatan serupa.

“Sanksi tegasnya untuk tahap pertama, kita akan lakukan penilangan. Kalau mengenai target, kita lihat dari situasi, jika banyak pelanggar, artinya banyak juga yang kena sanksi tilang,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda