SP 2020 Milik Kita Semua, BPS: Ayo Sukseskan

483
Kepala BPS (kanan) menyerahkan jaket 'Indonesia Mencatat' kepada Wakil Walikota Sidimpuan (kiri)

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padangsidimpuan, Hafsyah Aprilia menegaskan, sesungguhnya sensus penduduk (SP) 2020 merupakan milik semua masyarakat.

“Dengan melakukan sensus daring di laman sensus.bps.go.id, seluruh data penduduk akan terekam menjadi satu data,” ujar Hafsyah, saat menghadiri upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN), di halaman kantor Walikota Sidimpuan, Senin (17/2/2020).

Dikemukakannya, dalam pelaksanaan SP 2020, BPS menerapkan dua sistem. Pertama, sistem online atau mandiri. Masyarakat memberikan langsung informasi data kependudukan dengan cara mengakses laman sensus.bps.go.id via gadget, dimulai 15 Februari sampai 31 Juli.

“Sistem online ini sangat memberi kemudahan bagi warga yang ingin melakukan sensus secara mandiri. Basisnya adalah nomor identitas kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) tiap keluarga,” terang Hasyah.

Berikutnya, sambung dia, sistem verifikasi dan pencacahan lapangan. Disini, para petugas akan melakukan door to door ke rumah-rumah penduduk untuk kemudian didata. Kegiatan ini dimulai tanggal 1 hinggga 31 Juli mendatang.

SP dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, dan ini adalah kali ke-7. Tujuannya, untuk menyediakan data dan jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Juga untuk menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas dan migrasi), serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk. Ayo, kita sukseskan SP 2020,” tandas Hafsyah.

Dikesempatan itu, Kepala BPS menyerahkan plakat SP 2020 dan jaket ‘Indonesia Mencatat’ kepada Wakil Walikota H. Arwin Siregar dengan disaksikan ASN peserta upacara HKN. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda